Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Benar dan Pas

Puti Yasmin - wolipop Rabu, 15 Jan 2020 22:00 WIB
Cara Menghitung Usia Kehamilan/Foto: iStock Cara Menghitung Usia Kehamilan/Foto: iStock
Jakarta - Cara menghitung usia kehamilan pasti segera dilakukan pasangan suami-istri. Sebab, hal itu menjadi momen spesial yang sangat ditunggu-tunggu.

Dengan menghitung usia kehamilan, pasangan juga bisa memperkirakan waktu kelahiran serta usia sang jabang bayi. Biasanya cara menghitung usia kehamilan diatur dalam minggu atau bulan.


Berikut cara menghitung usia kehamilan yang dirangkum detikcom:

1. Berdasarkan Waktu Haid

Cara menghitung usia kehamilan dalam bulan maupun minggu bisa dilakukan secara manual dengan menghitung waktu haid. Hari pertama haid terakhir (HPHT) haid menjadi patokan hari pertama usia kehamilan.

Biasanya, cara menghitung usia kehamilan dari HPHT dilakukan bagi wanita dengan siklus haid teratur 28 hari. Pertama, tentukan HPHT lalu tambah 1 tahun kemudian ditambah 7 hari dan terakhir dikurang 3 bulan.

Contohnya, HPHT tanggal 23 September 2018 + 1 tahun = 23 September 2019.

Kemudian, 23 September 2019 + 7 hari = 30 September 2019. Lalu, dikurang 30 September - 3 bulan = 30 Juni 2019.

Perhitungan ini berdasarkan asumsi kehamilan selama 9 bulan alias 40 minggu atau 280 hari. Dengan cara menghitung usia kehamilan tersebut, diperkirakan bayi akan lahir pada 30 Juni 2019.


2. USG

Sementara itu, cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur bisa dengan menggunakan USG. Caranya cukup mudah, pasangan hanya perlu melakukan pemeriksaan kandungan ke dokter spesialis.

Pemeriksaan kandungan lebih baik dilakukan di awal kehamilan. Sebab, cara menghitung usia kehamilan akan lebih mudah karena kecepatan pertumbuhan yang sama. Bila hasil USG kurang dari usia 20 minggu, biasanya usia kehamilan ditentukan akurat dengan plus minus 3 hari.

3. Aplikasi

Cara menghitung usia kehamilan terakhir dengan menggunakan aplikasi menghitung kehamilan. Pengguna hanya perlu memasukkan beberapa data, seperti hari terakhir haid, dan lain-lain.

Selamat mencoba!

Simak Video "Begini Penampilan Meghan Markle Usai Baby Shower di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)