Jangan Mager Terus, Riset Buktikan Rutin Olahraga Bisa Cegah Kanker

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 02 Jan 2020 11:58 WIB
Rutin olahraga bisa cegah kanker. Foto: iStock
Jakarta - Kanker termasuk salah satu penyakit yang mematikan. Banyak faktor-faktor yang dapat menyebabkan kanker, seperti makanan, lingkungan, dan gaya hidup tidak sehat. Tahukah kamu bahwa penyakit kanker bisa dicegah dengan banyak bergerak dan berolahraga?

Seperti dikutip dari Today, menurut penelitian yang di publikasikan dalam Journal of Clinical Oncology, banyak berolahraga dan bergerak bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Umumnya, orang dewasa dianjurkan untuk melakukan aktivitas sedang, seperti, jalan cepat atau berkebun selama 2,5 hingga 5 jam seminggu. Selain itu, bisa juga dengan melakukan aktivitas yang lebih berat seperti jogging, berlari, berenang, lompat tali atau hiking selama 2,5 jam seminggu.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari American Cancer Society, National Cancer Institute, dan Harvard T.H. ini melibatkan 755 ribu lebih pria dan wanita sebagai responden. Para responden tersebut berusia antara 32 hingga 91 tahun. Dalam penelitian ini, para responden diminta untuk melaporkan aktivitas fisik di waktu luang mereka selama kurang lebih satu dekade atau 10 tahun. Selanjutnya para peneliti akan mengamati dan melihat apakah para responden tersebut berpeluang untuk terkena 15 jenis kanker berbeda.


Jangan Mager Terus, Riset Buktikan Rutin Olahraga Bisa Cegah KankerFoto: thinkstock


Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa melakukan aktivitas dan berolahraga sesuai dengan yang dianjurkan dapat mengurangi risiko terkena tujuh jenis kanker. Ketika aktif bergerak, baik pria maupun wanita, risiko terkena kanker ginjal berkurang hingga 17 persen, kanker hati hingga 27 persen, dan mieloma hingga 19 persen.

Untuk pria, meningkatkan intensitas bergerak dan berolahraga terbukti dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 14 persen. Sedangkan untuk wanita, banyak melakukan aktivitas fisik terbukti dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga 10 persen dan kanker endomentrium non-Hodgkin hingga 18 persen.

Penelitian lain dari National Cancer Institute pada 2016 juga menemukan bahwa orang yang sering berolahraga memiliki peluang lebih kecil untuk terserang kanker kandung kemih, kerongkongan, paru-paru, dubur, dan perut. Selain itu, olahraga juga bisa mencegah beberapa penyakit lain, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2, serta terbukti dapat meningkatkan mood dan kualitas tidur.

Jadi jangan ada alasan lagi untuk mager alias malas gerak ya di 2020 ini. Jadikan rutin olahraga sebagai resolusimu di 2020. Tentu saja untuk memiliki hidup yang sehat dan terbebas dari segala penyakit, selain berolahraga dan melakukan aktivitas fisik, mengatur pola makan juga diperlukan. Banyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah juga bisa membuat tubuhmu menjadi lebih bugar.





Simak Video "Waspada Kandungan 2 Bahan Berbahaya di Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)