10 Cara Menurunkan Berat Badan yang Mudah dan Aman

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 28 Des 2019 20:00 WIB
Simak 10 cara menurunkan berat badan yang mudah dan aman. Foto: iStock
Jakarta - Cara menurunkan berat badan bisa dilakukan secara alami ataupun medis. Jika kamu menginginkan cara alami tanpa obat yang bisa menurunkan berat badan, 10 cara menurunkan badan yang mudah dan aman ini bisa menjadi rekomendasi bagimu.

1. Banyak Makan Sayuran
Sayuran kaya akan serat yang membantu kamu mempercepat menurunkan berat badan. Foto: dok. detikFood

Cara menurunkan berat badan yang satu ini sangatlah aman bahkan bisa membuat kondisi tubuhmu menjadi lebih sehat dan lebih fit. Cobalah untuk mengganti laukmu dengan sayur-mayur. Jika kamu masih baru untuk mencoba cara menurunkan berat badan ini maka setidaknya usahakan 50 persen dari apa yang kalian makan adalah sayur-sayuran. Jika kamu rutin melakukannya maka cara menurunkan berat badan tanpa obat yang bisa dilakukan di rumah ini bisa berdampak signifikan bagi tubuhmu.

2. Pilih Sarapan Bergizi
Sarapan sehat adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang aman. Foto: iStock

Cara menurunkan berat badan yang bisa dilakukan di rumah ini bisa membantumu memperoleh tubuh yang sehat dan langsing. Kamu hanya perlu mengubah kebiasaanmu dalam memilih sarapan. Jika kamu adalah orang yang selalu melewati sarapan maka cobalah untuk merubah hal itu. Sarapan sangat penting untuk mencegahmu makan lebih banyak di siang hari. Untuk melakukan cara menurunkan berat badan ini adalah dengan memilih makanan yang mengandung 400 hingga 500 kalori di dalamnya untuk sarapanmu. Pastikan sarapanmu tersebut mengandung protein seperti telur, yogurt, kacang, atau mentega kacang dan serat seperti sayuran, buah, atau 100% gandum utuh.


3. Membatasi Konsumsi Garam
Terlalu banyak konsumsi garam bisa memperlambat usahamu menurunkan berat badan. Foto: iStock

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan menjaga konsumsi garam yang masuk ke dalam tubuh. Garam merupakan salah satu makanan pengawet. Makanan-makanan yang ada di dalam kemasan seringkali mengandung kadar natrium yang tinggi. Oleh karena itu saat kamu memilih makanan, pilihlah makanan yang mengandung natrium rendah, setidaknya paling tinggi 140 mg per sajian. Cara menurunkan berat badan ini cukup efektif jika kamu rutin dan benar-benar melakukannya dengan ketat maka kamu bisa mendapatkan penurunan berat badan yang drastis.

4. Hindari Minuman yang Banyak Mengandung Gula
Agar menurunkan berat badan lebih mudah, hindari minuman dengan kandungan gula tinggi. Foto: iStock

Cara menurunkan berat badan ini mungkin bisa menjadi cukup sulit bagi kamu yang terbisa meminum-minuman yang manis. Namun jika kamu berhasil melakukan cara menurunkan berat badan yang satu ini, maka bukan tidak mungkin kamu bisa memperoleh penurunan berat badan yang drastis. Meminum minuman yang mengandung gula seperti jus, kopi karamel, soda, teh manis, dan minuman beralkohol tidak akan mengenyangkanmu. Akan jauh lebih mengenyangkan jika kamu mengonsumsi makanan berupa sayur-sayuran dan protein. Mengonsumsi minuman-minuman yang mengandung gula pada siang hari hanya akan membuat jumlah kalorimuu bertambah sebanyak 800 kalori pada malam harinya.

5. Olahraga Menggunakan Barbel yang Ringan
Lakukan olahraga dengan barbel untuk mempercepat pembakaran kalori, sehingga menurunkan berat badan lebih cepat. Foto: Instagram

Untuk menurunkan berat badan dan memperoleh badan yang lebih ringan, cara menurunkan berat badan yang satu ini cukup penting. Kamu bisa menyeimbangkan konsumsi makananmu dengan olahraga. Olahraga ini cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Yang kamu butuhkan hanyalah membeli sepasang barbel dengan berat 5 pound atau sekitar 2,3 kg. Kamu bisa melakukan beberapa latihan olahraga dengan menggunakan barbel tersebut. Dengan olahraga teratur akan mengalihkan berat badanmu ke berat otot yang kamu miliki, sehingga badanmu akan terlihat lebih ramping. Cara menurunkan berat badan ini juga sangat mudah karena bisa dilakukan dimana saja.


6. Makan Makanan Pedas
Memasukkan cabai ke dalam masakan bisa membantu menurunkan berat badan, asal konsumsinya tak berlebihan. Foto: iStock

Cara menurunkan berat badan yang satu ini mungkin terdengar asing bagimu. Namun seperti dikutip dari Good Housekeeping, makanan pedas, seperti jalapeno dan cabai rawit mengandung senyawa bernama Capsaicin. Senyawa ini berperan untuk meningkatkan pelepasan hormon stres dan adrenalin sehingga dapat mempercepat pembakaran kalori di tubuh. Selain cabai rawit, kamu juga bisa menambahkan jahe dan kunyit di dalam makananmu. Cara menurunkan berat badan ini bisa kamu praktekkan setiap hari.

7. Tidur yang Cukup
Menurunkan berat badan lebih efektif jika kamu cukup tidur. Foto: iStock

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa tidur yang cukup, setidaknya 7 jam per hari bisa menurunkan berat badan. Cara menurunkan berat badan yang satu ini tergolong sangta mudah. Tidur yang cukup setiap malamnya dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh. Selain itu, cara menurunkan berat badan ini juga dapat mencegahmu mengonsumsi makanan yang lebih banyak di malam hari, karena jika kamu bangun lebih lama, maka kemungkinan besar kamu akan merasakan lapar.

8. Catat Makanan yang Kamu Makan
Mencatat asupan makanan akan membantu kamu menurunkan berat badan lebih efektif. Foto: Istimewa

Seperti dikutip dari Good Housekeeping, orang-orang yang memiliki catatan atau jurnal tentang apa yang dimakannya cenderung bisa menurunkan berat badannya lebih cepat. Hal ini karena mereka tahu berapa banyak kalori yang sudah dimakannya, sehingga mereka akan menyesuaikan jumlah kalori tersebut dengan yang seharusnya, agar tidak berlebihan dan membuat berat badan semakin meningkat. Selain dengan mencatat secara manual menggunakan buku tulis, cara menurunkan berat badan ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi khusus yang bisa diunggah di ponselmu.

9. Memperbanyak Jalan Kaki
Jalan kaki bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Foto: Thinkstock

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga memang tergolong efektif. Bahkan cara menurunkan berat badan dengan hanya berjalan kaki juga bisa memberikan dampak yang cukup besar bagi tubuh. Berolahraga sebenarnya baik dilakukan kapan saja, namun melakukan olahraga di malam hari dapat meningkatkan tingkat metabolisme. Selain itu, olahraga akan membantu kamu menjadi lebih rileks setelah makan sehingga kamu tidak akan tergoda untuk makan lagi.

10. Banyak Minum Air Putih
Memperbanyak minum air putih minimal 1,5 liter sehari adalah salah satu cara menurunkan berat badan. Foto: iStock

Sebagian dari tubuh kita mengandung air. Oleh sebab itu konsumsi air sangat dibutuhkan. Cara menurunkan berat badan ini juga terbilang mudah dan bisa kamu praktikkan di mana saja. Tidak hanya dengan minum air putih, kamu juga bisa mengonsumsi makan-makanan yang kaya akan air, seperti buah-buahan, semangka, anggur, nanas, dan lain-lain.

Simak Video "Lagi Diet? Makan Buah Ceri Buat Turunkan Berat Badan"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)