4 Langkah Menghindari Makanan Berlebihan Saat Liburan

Hestianingsih - wolipop Kamis, 26 Des 2019 06:14 WIB
Agar tidak makan berlebihan saat liburan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Liburan bisa menjadi momen 'berbahaya' untuk diet karena banyak sekali godaan makanan-makanan lezat yang ada di sekitar kamu. Namun tenang saja, kamu tetap dapat menyelamatkan program diet dengan selalu mengonsumsi makanan sehat secara teratur dan melakukan olahraga rutin sepanjang musim liburan. Berikut tips diet saat libruran yang bisa kamu tiru seperti dikutip dari Southbeachdiet.

Mulai Hari dengan Sarapan yang Tepat

4 Langkah Menghindari Makanan Berlebihan Saat LiburanFoto: iStock

Diet harus selalu diimbangi dengan menu makanan yang tidak hanya sehat, tetapi juga teratur. Tips diet liburan pertama adalah dengan sarapan. Sarapan pagi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan energi di pagi hari dan menghindari makan berlebih di siang harinya.



Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi akan memiliki kecenderungan yang buruk dalam mengonsumsi makanan secara berlebihan di waktu-waktu selanjutnya. Sarapan yang baik harus mengandung protein dan serat. Keduanya dapat menstabilkan gula darah dan membuat perut kamu 'bertahan' hingga siang hari.

Kamu dapat memulai hari dengan menikmati sarapan telur dadar yang dibuat dengan sayur cincang, keju rendah lemak, atau tambahan ikan salmon. Bisa juga mengonsumsi yoghurt bebas lemak dengan blueberry dan almond yang diiris tipis sebagai campurannya.

Makan sebelum pesta

4 Langkah Menghindari Makanan Berlebihan Saat LiburanFoto: iStock

Makan sebelum pesta adalah cara lain untuk menjaga diet kamu tetap terkontrol. Pilihlah makanan ringan yang kaya akan protein untuk dikonsumsi, seperti beberapa irisan dada ayam yang dicampur dengan yoghurt rendah lemak, dan karbohidrat yang kaya serat seperti makanan olahan gandum.

Strategi ini dapat kamu gunakan untuk menjaga kadar gula berlebih dan tentu saja dapat mengendalikan nafsu makan saat sedang berada di pesta tersebut.

Mengevaluasi dan Memilih Makanan

4 Langkah Menghindari Makanan Berlebihan Saat LiburanFoto: iStock

Sebelum mengambil piring, hal yang harus kamu lakukan adalah 'survei' lokasi. Dengan begitu, kamu akan mengetahui makanan apa saja yang akan dipilih. Kamu juga harus pintar-pintar memilih jenis makanan yang dibuat dengan bahan-bahan yang sehat.

Carilah daging tanpa lemak, makanan laut atau sayuran sehat, serta makanan dengan olahan gandum. Pastikan kamu menghindari hidangan yang sarat dengan keju, makanan yang dilapisi dengan saus krim atau karbohidrat buruk seperti tepung dan gula putih.

Pastikan kamu mengambil porsi yang wajar. Jika makanan telah tersedia di masing-masing piring, pilihlah piring yang berukuran lebih kecil dari yang lainnya.



Menikmati Makanan Penutup

4 Langkah Menghindari Makanan Berlebihan Saat LiburanFoto: iStock

Menikmati hidangan penutup dalam sebuah pesta tentu saja menjadi hal yang sangat menyenangkan. Kamu pun dapat mencicipi beberapa dessert yang tersedia di meja namun, tentu saja dengan porsi yang harus diatur. Kamu cukup mengambil dessert dengan porsi yang kecil dan menikmatinya secara perlahan. Dengan hanya tiga gigitan kecil dan diam beberapa menit, kamu akan merasa kenyang.



Simak Video "Cerita Gracia Indri Turunkan Berat Badan hingga 23 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)