11 Cara Menghilangkan Selulit dengan Mudah dan Alami

Virgina Maulita Putri - wolipop Rabu, 27 Nov 2019 06:30 WIB
11 Cara Menghilangkan Selulit dengan Mudah dan Alami Foto: iStock 11 Cara Menghilangkan Selulit dengan Mudah dan Alami Foto: iStock

Jakarta - Selulit adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan kondisi kulit yang bergelombang dengan lesung-lesung kecil, mirip dengan kulit jeruk, akibat timbunan lemak di bawah kulit.

Kondisi ini umumnya ditemukan pada wanita dan biasa muncul di area perut, paha, pinggul dan bokong. Selulit biasanya muncul di area paha karena area ini memiliki jaringan lemak yang lebih banyak. Beberapa faktor lain yang merupakan penyebab selulit antara lain usia, faktor keturunan, hormon, dan lain-lain.



Selulit memang tidak membahayakan kesehatan, tapi banyak wanita yang tidak percaya diri karena keberadaannya. Berikut 11 cara menghilangkan selulit dengan mudah dan alami yang dirangkum Wolipop:

1. Pijat

Salah satu cara mudah untuk menghilangkan selulit adalah pijat. Kalian bisa melakukannya sendiri di rumah atau dengan bantuan terapis pijat.

Pijat bisa mengurangi tampilan selulit di tubuh dengan meningkatkan sirkulasi darah sehingga mengurangi cairan berlebih yang ada di area tubuh dengan selulit.

2. Minum Air Putih

Minum air putih merupakan cara yang mudah dan murah untuk menghilangkan selulit pada remaja. Tidak hanya menghilangkan rasa haus, air putih juga bisa membantu menghilangkan racun yang bisa berujung pada menumpuknya lemak.

3. Self-tanning

Self-tanning bisa meminimalisir tampilan selulit di bokong. Hal ini karena selulit lebih sulit terlihat di kulit yang lebih gelap. Untuk hasil yang lebih optimal, eksfoliasi paha dan bokong kalian sebelum self-tanning agar hasilnya lebih merata.

4. Menurunkan Berat Badan

Jika badan kalian terbilang kegemukan, cara paling mudah untuk menghilangkan selulit adalah dengan diet untuk menurunkan berat badan. Menghilangkan lemak tubuh berlebih bisa mengurangi penampilan selulit secara alami.

11 Cara Menghilangkan Selulit11 Cara Menghilangkan Selulit Foto: iStock


5. Olahraga

Beberapa olahraga yang fokus pada bokong dan paha bisa membuat kulit di area tersebut menjadi lebih kencang. Efeknya, tampilan selulit bisa diminimalisir.

Beberapa olahraga ringan yang bisa kalian lakukan antara lain squats, jump -squats, step-ups, kick-backs dan side-to-sides. Gerakan ini bisa kalian gabungkan dengan bersepeda, hiking, berenang, lari dan olahraga ringan lainnya.

6. Eksfoliasi dengan Kopi

Eksfoliasi menggunakan scrub campuran kopi dan kayu manis bubuk bisa kalian coba untuk menghilangkan selulit. Kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta kandungan kafeinnya bisa mendorong sirkulasi darah dan membuat kulit menjadi lebih kencang.

7. Dorong Produksi Kolagen

Selulit bisa dihilangkan dengan membuat kulit kalian menjadi lebih kuat. Gunakan lotion atau krim yang mengandung vitamin C atau retinol untuk mendorong produksi kolagen di kulit.

8. Berhenti Merokok

Perubahan gaya hidup juga memegang peran penting jika kalian ingin mengurangi selulit, salah satunya adalah dengan berhenti merokok.

Riset yang diterbitkan di Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa asap rokok bisa melemahkan produksi kolagen yang merupakan komponen penting jaringan penghubung, sehingga membuat selulit lebih terlihat.



9. Pakai Foam Roller

Setelah berolahraga dengan intens, otot kalian membutuhkan waktu untuk memulihkan diri. Setelah selesai, coba gunakan foam roller untuk mendorong regenerasi dan menghilangkan selulit.

10. Kurangi Asupan Garam

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi, seperti makanan siap saji, bisa meningkatkan tampungan air di tubuh kalian. Cairan berlebih ini bisa menyebabkan bloating dan membuat selulit terlihat lebih jelas.

11. Hindari Alkohol

Cara menghilangkan selulit lainnya adalah dengan menghindari alkohol dan minuman manis lainnya. Minuman seperti ini mengandung gula dalam jumlah tinggi yang bisa mendorong timbunan lemak di area dengan selulit.

Simak Video "Kisah Bule Cantik Kecanduan Tanning, Kulitnya Jadi Hitam Legam"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)