Seputar Suntik Vitamin C, Ketahui Manfaat dan Bahayanya!

Lusiana Mustinda - wolipop Jumat, 22 Nov 2019 05:38 WIB
Suntik vitamin C. Foto: shutterstock Suntik vitamin C. Foto: shutterstock

Jakarta - Suntik vitamin C sangat berpengaruh terhadap kecantikan kulit. Dengan cara ini kulit bisa lebih cerah, lebih putih, dan lembap. Tapi berbahaya atau tidak?

Sebelum melakukan suntik vitamin C, kamu perlu mengetahui beberapa informasi tentang perawatan kecantikan yang satu ini. Vitamin C termasuk sebagai antioksidan yang bertugas melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.


Vitamin C atau cairan asam askorbat berwarna jernih kekuningan. Metode penyuntikan vitamin C ini bisa dengan beberapa cara yaitu melalui otot (intramuskular), penyuntikan di bawah kulit (subkutan), serta pembuluh darah (intravena).

Berikut ini manfaat suntik vitamin C yang perlu kamu tahu:

1. Merawat Kulit

Vitamin C dikenal dapat membuat kulit lebih cerah. Selain dari suntik, vitamin C juga bisa didapatkan dari makanan dan suplemen. Beberapa masalah seperti keriput dan kering akibat paparan sinar ultraviolet ternyata dapat diatasi dengan vitamin C.

Tapi berapa sih sebenarnya dosis vitamin C yang dibutuhkan?
Sebenarnya orang dewasa di atas 18 tahun ini kebutuhan vitamin C harian adalah 75-90 mg.

2. Mengatasi Defisiensi Vitamin C

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan beberapa penyakit. Scurvy jadi salah satu penyakit akibat kekurangan vitamin C. Seseorang dengan gejala seperti gusi berdarah, radang gusi, maupun kecacatan perkembangan tulang dan gigi bisa disebabkan karena kurangnya vitamin C.

3. Membantu Pembentukan Kolagen

Vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen dan perbaikan jaringan. Kolagen merupakan protein dalam tubuh yang memberikan kekuatan dan struktur tubuh. Kolagen terdapat pada kulit, otot, darah, serta tendon. Kekurangan vitamin C bisa berdampak kepada struktur kolagen sehingga bisa saja menimbulkan kelainan pada tulang atau pembuluh darah.

Disamping manfaat, lalu apa bahayanya dari suntik vitamin C?

Meskipun hasil suntik vitamin C dapat membuat kulit lebih sehat, akan tetapi jika suntik vitamin C dalam dosis tinggi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Dosis vitamin C yang tinggi dapat memicu gangguan fungsi ginjal.

Melakukan suntik vitamin C tentu harus dilakukan oleh ahlinya seperti dokter atau tenaga kesehatan lainnya. Hal ini dilakukan agar hasil before after suntik vitamin C optimal. Harga suntik vitamin C sangat beragam sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu-an.



Simak Video "Toni-Ann Singh, Pemenang Miss World 2019 dari Jamaica"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)