Karakter Resilient Bisa Buat Diri Lebih Tangguh Hadapi Bullying

Angga Laraspati - wolipop Kamis, 31 Okt 2019 15:49 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Baru-baru ini kita dikejutkan dengan berbagai kasus bunuh diri yang berawal dari bullying. Berbagai kasus bermunculan dikarenakan bullying semakin marak dilakukan mengikuti perkembangan zaman.

Bullying itu sendiri dapat dilakukan secara langsung, atau juga melewati media sosial. Seperti contohnya adalah anak 12 tahun asal Kupang yang beberapa waktu lalu melakukan bunuh diri akibat tekanan psikologis dan bullying. Lalu juga artis-artis terkenal seperti artis asal Korea, Sulli dan juga desainer asal Amerika, Kate Spade.

Memang dalam kasus bullying yang marak dilakukan harus ada tindakan preventif yang harus dilakukan sejak dini. Dengan menanamkan karakter resilient atau tangguh, anak-anak dapat tetap kuat mentalnya dalam menghadapi masalah seperti bullying.

Sebelumnya mari mengenal terlebih dahulu apa itu karakter resilient. Resilient adalah suatu kemampuan untuk menghadapi tantangan serta memiliki mental untuk bangkit jika menemui kegagalan. Karakter ini merupakan karakter yang harus dibentuk sejak dini, bukan karakter yang dibawa dari lahir. Selain itu juga, karakter resilient harus diawali dari lingkungan terdekat yakni orang tua.

Karakter resilient ini membuat kamu berani untuk mencoba sesuatu hal, tidak cepat menyerah saat menemui suatu kesulitan, percaya pada kemampuan dirinya sendiri, fokus pada proses yang dijalani, dan juga kreatif dalam mencari solusi (penyelesaian masalah).

Mengapa karakter ini bisa membuat kamu tangguh dalam menghadapi bullying? Ketika kamu sudah memiliki mental untuk bangkit dan percaya pada dirinya sendiri. Selain itu, kamu bisa menemukan suatu solusi untuk menghadapi bullying yang didapatkan.


Kamu pun tidak akan memilih solusi yang akan merugikan dirimu sendiri dan bahkan orang yang ada di sekitar. Ini adalah sebuah karakter yang diharus ditanamkan di dirimu atau anak agar dirinya lebih kuat dalam menghadapi dunia yang makin keras setiap harinya.

Nah, untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dirimu dan anak, kamu bisa melakukan tes resiliensi di sini.



Simak Video "Pelaku Beauty Bullying Mayoritas Wanita, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/mpr)