Manfaat Masker Kopi dan Cara Sederhana Membuatnya

Tasya Awlia - wolipop Selasa, 29 Okt 2019 10:40 WIB
Manfaat Masker Kopi dan Cara Sederhana Membuatnya/Foto: iStock Manfaat Masker Kopi dan Cara Sederhana Membuatnya/Foto: iStock

Jakarta - Kopi, rupanya selain bisa diolah sebagai minuman dengan aroma menarik juga bisa dicarik menjadi masker wajah. Bahkan khasiat masker kopi bisa membuat wajah glowing dan lebih mulus. Kopi bisa diracik menjadi berbagai macam produk kecantikan seperti body lotion, bentuk krim hingga masker.


Nutrisi yang terkandung dalam kopi sangat bermanfaat bagi manusia, salah satu cara menggunakannya adalah sebagai masker wajah, kopi dapat dicampuran dengan berbagai bahan seperti gula, jeruk nipis, dan air mawar.




Berikut ini cara sederhana membuat masker kopi:


1. Masker kopi untuk mengangkat sel kulit mati

Campurkan 2 sendok bubuk kopi, minyak zaitun dan gula secukupnya, aduk sampai mengental, setelah diaduk aplikasikan ke wajah dengan gerakan memutar sehingga kulit mati terangkat. Jangan terlalu cepat saat digunakan di wajah, tetapi dengan gerakan perlahan. Setelah 15 menit bilas dengan air hangat.


2. Masker kopi untuk menghilangkan jerawat dan komedo

Siapkan bubuk kopi dan jeruk nipis. Jangan lupa membersihkan wajah sebelum dioleskan masker kopi (https://www.detik.com/tag/kopi). Peras 2 sendok jeruk nipis dan campurkan ke dalam bubuk kopi. Aduk rata hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 10 menit , lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk.


3. Masker kopi untuk kulit kusam

Campurkan kopi dan air mawar, aduk hingga merata lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air. Lakukan kegiatan ini dua kali seminggu. Agar mendapatkan wajah yang bersinar.


Masker kopi dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Namun untuk kulit yang sensitif tidak dianjurkan menggunakan masker kopi setiap hari. Sebab dapat memicu iritasi pada kulit. Dianjurkan memakainya satu minggu sekali, jangan mencampurkan kopi dengan bahan-bahan yang tidak diketahui manfaatnya, karena bisa memicu efek samping yang tidak diinginkan. Seperti gatal-gatal dan iritasi pada wajah. Sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apa jenis kulit anda, agar penerapan masker kopi tidak menimbulkan masalah yang serius.



Manfaat masker kopi untuk wajah:

1. Menghilangkan mata panda

Kafein memberikan efek pelebaran pada pembulu darah, dan akan meningkatkan aliran darah yang dapat membantu kulit mengencang secara alami. Hasilnya penumpukan cairan yang di bawah mata berkurang dan mata akan terlihat lebih segar. Caranya adalah oleskan pasta kopi yang sangat halus di bagian bawah mata beserta cairan dari kopi tersebut, lalu diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.


2. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Antioksidan yang terkandung dalam kopi membantu melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet. Minum kopi atau mengoleskannya pada bagian tubuh membantu untuk mengantarkan antioksidan ke tubuh. Penulis sebuah studi 2015 menyimpulkan wanita Jepang berumur 30-60 tahun yang menggunakan kafein dalam produk perawatan kulit dapat mengurangi dan mencegah kemerahan dan memberikan kulit yang indah dan merata.


3. Cegah radikal bebas

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat mambantu antioksidan menyerang radikal bebas dan menghilangkannya. Kafein banyak digunakan dalam produk krim siang dan krim malam anti-penuaan dini.


4. Menghilangkan Jerawat

Antioksidan dan stimulant dalam kopi dapat dijadikan scrub wajah yang efektif melawan jerawat. Menggosokan bubuk kopi dapat mengangkat sel-sel mati dan membuka pori-pori sehingga kotoran yang berada di wajah bisa terangkat dengan sempurna.




Simak Video "Lipstik Pixy Make It Glow Series Bikin Jatuh Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)