5 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 22 Okt 2019 18:12 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Apakah kamu orang yang sering atau mudah menangis? Orang-orang mungkin akan menganggapmu cengeng dan drama queen.

Padahal menurut penelitian, dalam situasi tertentu, menangis dapat membawa manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Seperti dikutip dari Brightside, berikut ini lima manfaat menangis.

1. Mengurangi Stres

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal National Institute of Health, menangis dapat mengurangi tingkat stres yang dialami seseorang. Menangis dapat membuat badan dan pikiran lebih relaks. Penelitian ini juga mengatakan bahwa dengan menangis dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Saraf ini berfungsi untuk menenangkan pikiran.


2. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit struk, serangan jantung, dimensia, hingga gagal ginjal. Menurut penelitian, menangis dapat menurunkan dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Menangis dengan keras juga ternyata dapat menguatkan nadi. Intinya saat merasa sedih atau kesal, sebaiknya jangan dipendam berlama-lama karena bisa memicu darah tinggi. Lepaskanlah perasaan kamu agar dampaknya lebih positif bagi tubuh.


3. Mengeluarkan Racun

Dengan menangis ternyata terbukti dapat membersihkan mata dari kotoran seperti asap dan debu. Selain itu menurut penelitian yang dimuat dalam situs Medline Plus, menangis juga dapat mengurangi hormon kortisol yang diakibatkan dari stres, sehingga suasana hati menjadi lebih tenang. Karena itu tidak mengerankan mengapa kita seringkali merasa beban menjadi hilang setelah menangis.

4. Mengatasi Perubahan Mood

Perubahan mood atau suasana hati seringkali berganti karena berbagai macam alasan. Kamu mungkin sedang bertanya-tanya mengapa belakangan ini kamu merasa resah dan cemas. Salah satu alasan kamu merasa demikian adalah karena peningkatan zat manganese yang ada di dalam tubuh. Saat menangis, kandungan manganese berkurang dan kamu akan merasa lebih tenang dan fokus.


5. Meringankan Rasa Sakit

Kebanyakan orang ketika merasakan rasa sakit akan melampiaskannya dengan menangis. Ternyata menurut penelitian, menangis adalah cara tubuh untuk mengurangi rasa sakit. Saat menangis tubuh akan melepaskan hormon oksitosin dan endorfin. Hormon ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit fisik dan emosional.

Simak Video "Selamat! Dian Pelangi Resmi Menikah dengan Sandy Nasution"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)