11 Cara Menghilangkan Lemak di Perut Secara Sehat dan Alami

Virgina Maulita Putri - wolipop Selasa, 08 Okt 2019 13:50 WIB
11 Cara Menghilangkan Lemak di Perut Secara Sehat dan Alami  Foto: iStock 11 Cara Menghilangkan Lemak di Perut Secara Sehat dan Alami Foto: iStock

Jakarta - Memiliki perut ramping merupakan idaman banyak orang. Tidak hanya membuat badan terlihat lebih ideal, tapi perut yang memiliki sedikit lemak bisa menurunkan potensi terkena penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Karena alasan kesehatan ini, maka sangat dianjurkan untuk menghilangkan lemak di perut. Lemak di perut dapat diperkirakan dengan mengukur lingkar pinggang. Untuk perempuan, jika lingkar pinggang mencapai lebih dari 88 cm menandakan kondisi yang disebut obesitas abdominal.



Tapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk menghilangkan lemak di perut, baik dengan atau tanpa olahraga. Berikut 11 cara menghilangkan lemak di perut secara sehat dan alami yang dirangkum Wolipop:

1. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan tidak baik untuk kesehatan. Bahkan riset telah membuktikan bahwa gula berlebih bisa meningkatkan akumulasi lemak di perut dan hati.

Untuk itu, jika ingin menghilangkan lemak di perut secara alami, kurangi konsumsi gula dan hindari minuman manis sama sekali jika perlu.

2. Perbanyak Konsumsi Protein

Protein merupakan nutrisi yang penting jika kalian ingin mengurangi lemak di perut. Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jeremy Loenneke, dkk membuktikan orang yang mengonsumsi lebih banyak protein memiliki lemak perut yang lebih sedikit.

Selain itu, protein juga berguna untuk mengurangi rasa lapar. Makanan yang kaya protein antara lain telur, daging, susu, makanan laut, biji-bijian dan masih banyak lagi.

3. Kurangi Karbohidrat

Mengurangi konsumsi karbohidrat merupakan salah satu cara menurunkan berat badan secara efektif. Diet rendah karbohidrat juga langsung menargetkan lemak di perut serta di sekitar organ dan hati.

4. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat diklaim dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Beberapa sumber serat yang bisa kalian konsumsi antara lain sayur, buah dan biji-bijian.

11 Cara Menghilangkan Lemak di Perut 11 Cara Menghilangkan Lemak di Perut Foto: iStock


5. Olahraga Rutin

Olahraga seperti jalan kaki, lari dan renang terbukti bisa mengurangi lemak di perut secara alami. Selain itu, melakukan olahraga ini secara rutin juga bisa mencegah kalian mendapatkan kembali lemak yang sudah berhasil dihilangkan.

6. Atur Porsi Makanan

Walau kalian sudah memakan makanan sehat yang kaya protein dan serat, makanan tersebut tetap mengandung kalori yang cukup tinggi. Untuk itu, selalu perhatikan porsi makanan kalian dan kalau perlu hitung kalori setiap makanan atau minuman yang dikonsumsi.

7. Kurangi Minuman Beralkohol

Minuman alkohol menambah kalori tambahan ke diet sehari-hari. Jadi, menghindari minuman beralkohol merupakan cara yang tepat untuk membantu mengurangi lemak di perut.

Selain itu, studi yang dilakukan oleh Copenhagen City Heart menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol memiliki lemak perut yang lebih banyak dibanding orang yang tidak mengonsumsi alkohol.

8. Kurangi Olahraga Perut

Jika ingin menghilangkan lemak di perut dengan olahraga, kalian justru disarankan untuk mengurangi olahraga yang langsung menargetkan area perut.

Karena kunci untuk menghilangkan lemak adalah membakar lebih banyak kalori dibandingkan jumlah kalori yang dikonsumsi, maka jangan lupakan juga olahraga lebih berat yang menargetkan seluruh badan.



9. Tidur yang Cukup

Kurang tidur justru akan memicu berat badan bertambah, diabetes dan masalah kesehatan lainnya. Jadi jika sudah diet ketat dan olahraga, usahakan tidur malam selama 7-8 jam agar usaha kalian jadi lebih optimal.

10. Hindari Stress

Jika sedang stress, tubuh kalian akan memproduksi hormon kortisol yang membuat kalian ingin terus makan. Untuk mengatasi stress, kalian bisa berolahraga atau melakukan meditasi.

Tapi jika merasa stress dan muncul keinginan untuk ngemil, ganti cemilan tidak sehat kalian dengan buah yang cocok untuk diet.

11. Latihan Angkat Beban

Latihan mengangkat beban tidak hanya cocok untuk membuat badan menjadi lebih kuat, tapi juga bisa menghilangkan lemak di perut.

Sebuah studi menemukan bahwa perempuan yang mengangkat beban sebanyak tiga kali seminggu selama 16 minggu berhasil mengurangi lemak di perut dan tubuh secara signifikan. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki fisik dan otot yang lebih kuat.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)