Riset: Diet yang Buruk Bisa Sebabkan Kanker

Vina Oktiani - wolipop Senin, 16 Sep 2019 11:22 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Apakah kamu sedang berencana untuk melakukan diet? Kamu mungkin akan menjadi lebih berhati-hati untuk memilih diet yang akan dijalani setelah membaca hasil penelitian ini. Riset mengungkapkan tidak semua diet itu baik dan sehat. Faktanya justru diet yang buruk dapat menimbulkan penyakit serius seperti kanker.

Berdasarkan artikel di jurnal JNCI Cancer Spectrum, lebih dari 80 ribu kasus penyakit kanker di Amerika Serikat disebabkan oleh diet yang buruk. Friedman School of Nutrition Science and Policy di Universitas Tufts, Massachusetts, menganalisa penyebab kanker pada orang dewasa di Amerika Serikat. Dalam risetnyam para peneliti mengumpulkan data dari dua survei nasional mengenai seberapa banyak orang yang melakukan diet rendah sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, gula, dan daging merah.

Setelah diteliti diketahui, kanker yang disebabkan karena diet yang buruk jumlahnya sebanding dengan kasus kanker yang disebabkan alkohol, yakni sebanyak 4-6%. Berdasarkan riset tersebut terungkap berat badan berlebih menyumbangkan 7-8% penyebab kanker. Sementara kurangnya aktivitas fisik menyumbangkan 2-3% penyebab kanker.


"Temuan kami menggarisbawahi peluang untuk mengurangi kanker di Amerika Serikat dengan meningkatkan asupan makanan," kata Fang Zhang, peneliti kanker dan nutrisi di Sekolah Ilmu Gizi dan Kebijakan Nutrisi di Tufts.

Dari semua jenis kanker, kasus kanker kolorektal lah yang yang paling banyak dihubungkan dengan buruknya diet. Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon), atau pada bagian paling bawah dari usus besar yang terhubung ke anus (rektum). Sebanyak 38 % atau sekitar 52.000 kasus kanker kolorektal terkait dengan pola makan.


Contoh dari diet yang buruk atau pola makan tidak sehat ini di antaranya mengurangi asupan biji-bijian, mengonsumsi daging merah tapi tidak diikuti dengan makan sayur hingga minum minuman bergula tinggi.

Jadi, jika kamu ingin melakukan diet, maka pastikan dietmu tersebut adalah diet sehat yang tidak membuat tubuhmu justru jadi kekurangan nutrisi. Diet yang benar adalah dengan menjaga pola makan yang seimbang. Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga.

Simak Video "Cerita Gracia Indri Turunkan Berat Badan hingga 23 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)