4 Manfaat dari Olahraga di Pagi Hari

Hestianingsih - wolipop Senin, 16 Sep 2019 06:00 WIB
Ilustrasi manfaat olahraga di pagi hari. Foto: iStock Ilustrasi manfaat olahraga di pagi hari. Foto: iStock

Jakarta - Bangun pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apalagi jika diikuti dengan aktivitas fisik seperti berolahraga. Olahraga di pagi hari lebih menyehatkan karena empat manfaat berikut ini yang bisa kamu rasakan setelah melakukannya:

1. Meningkatkan Metabolisme

Sejumlah studi menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme dan mempertahankannya sepanjang hari. Maksimalkan peningkatan metabolisme Anda dengan weight training ketika latihan pagi. Angkat beban merupakan metode yang telah terbukti baik untuk metabolisme tubuh.

2. Pikiran Jadi Segar

Saat bangun tidur, mungkin kegiatan yang paling terakhir melintas di otak Anda adalah olahraga. Tapi olahraga pagi justru bisa membuat pikiran jernih dan segar, Anda pun akan lebih terjaga dan bersemangat setelahnya. Apa lagi yang lebih baik dari bangun pagi dengan otak yang jernih dan tubuh bersemangat? Latihan fisik jauh lebih efektif untuk menaikkan ketajaman indra daripada menekan tombol 'snooze'.



4 Manfaat dari Olahraga di Pagi HariFoto: iStock


3. Lebih Konsisten Olahraga

Dengan berolahraga di pagi hari, kemungkinan Anda untuk disiplin dengan rutinitas latihan lebih besar. Ketika mematok jadwal olahraga di sore atau malam hari, biasanya ada saja gangguan yang membuat Anda punya sejuta alasan untuk 'membolos'. Tapi jika di pagi hari sudah berolahraga, maka Anda bisa bebas melakukan apa saja setelah jam pulang kantor.

4. Membakar Lebih Banyak Kalori

Beberapa studi mengungkapkan, mereka yang olahraga di pagi hari membakar kalori lebih banyak dibandingkan sore atau malam hari. Alasannya, Anda cenderung menghabiskan waktu lebih lama dan punya lebih banyak energi, karena di pagi hari belum banyak tenaga yang terkuras. Sementara di akhir hari, biasanya Anda sudah memakai cukup banyak tenaga untuk bekerja dan beraktivitas sehingga energi yang tersisa tak sebanyak ketika bangun di pagi hari.

Penting diperhatikan, tips ini tidak sepenuhnya menyarankan Anda untuk memaksakan diri olahraga di pagi hari. Jika memang tidak sempat, latihan di sore atau malam hari pun tetap baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Namun jika punya banyak waktu luang di pagi hari, akan lebih baik jika Anda berolahraga setelah bangun tidur.

Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)