Diet Ini Bantu Turunkan Kadar Kolesterol dengan Cepat

Akfa Nasrulhak - wolipop Minggu, 15 Sep 2019 09:19 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta -

Diet yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain untuk menurunkan berat badan, diet juga bisa membantu menekan kadar kolesterol lho.

Diet akan membuat kadar kolesterol jahat (LDL) turun, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Untuk mendapatkan manfaat ganda ini pertimbangkan melakukan diet rendah lemak, terutama lemak hewani yang tinggi kolesterol.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, ada tujuh langkah untuk mengendalikan kolesterol yang disingkat dengan TANGKAL. Untuk T pertama yaitu Teratur periksa kolesterol.

"Buat yang muda, periksa kolesterol paling tidak setahun sekali. Sementara yang berisiko bisa 2 kali dalam setahun," ujar dr Muliaman kepada Wolipop, Minggu (15/9/2019).

Selain itu, langkah kedua adalah AWASI asupan dan pola makan makanan dengan kolesterol jahat. Makanan tersebut boleh dikonsumsi, tapi dibatasi jumlahnya.

"Makanan yang perlu diwaspadai adalah gaji yang mengandung lemak daging merah, jeroan, makanan yang bersantan dan berminyak, mayonaise, mentega, tiram, kepiting dan gorengan. Sementara makanan yang mengandung kolesterol baik seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan salmon," sambungnya.

Ketiga, NIKMATI hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol. Kebiasaan merokok dan minum beralkohol tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kolesterol.

Keempat, GIAT olahraga minimal 30 menit sehari atau 150 menit seminggu. Olahraga adalah salah satu yang terbaik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik dan membantu memerangi obesitas, tetapi juga menurunkan kolesterol.


Kelima, KENDALIKAN berat badan lingkar perut. Jangan sampai lebih dari 90 cm. Diet mempengaruhi cara tubuh menurunkan kolesterol. Penurunan berat badan meningkatkan penyerapan kolesterol dari makanan dan menurunkan pembentukan kolesterol baru dalam tubuh. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah hindari stres.

Keenam, AWASI tekanan darah, jangan sampai lebih 130 mg/80 mghg. Terakhir, Lengkapi dengan konsumsi Plant Stanol Ester (PSE) seperti Nutrive Benecol 2 kali sehari setelah makan. Mengkonsumsi suplemen ini agar kolesterol jahat yang dikonsumsi tidak diserap semua. Nutrive Benecol telah teruji klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah 7-10% jika dikonsumsi teratur 2 kali sehari dalam 2-3 minggu.





Simak Video "Cerita Gracia Indri Turunkan Berat Badan hingga 23 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)