Riset Membuktikan Pria Lebih Terlambat Dewasa dari Wanita

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 09 Agu 2019 18:41 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Pernah mendengar anggapan pria lebih telat dewasa daripada wanita? Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ternyata anggapan tersebut benar adanya.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford itu melibatkan 121 responden berusia 4 hingga 40 tahu. Riset dilakukan dengan tujuan untuk menemukan bagian dan fungsi otak yang mengalami perubahan dan yang tidak seiring bertambahnya usia. Penelitian ini juga memperhitungkan usia dan jenis kelamin dari para pesertanya.

Setelah diteliti ditemukan, faktor usia sama-sama berpengaruh pada otak wanita maupun pria. Pria dalam segala usia memiliki lebih banyak garis aliran di otaknya daripada wanita. Hal ini dikarenakan ukuran otak pria lebih besar.


Meskipun pria menunjukkan jumlah garis aliran yang jauh lebih besar, namun otak pria menunjukkan keterlambatan perkembangan jika dibandingkan dengan wanita. Inilah yang menjadi alasan mengapa pria lebih lambat mencapai kedewasaan dibandingkan dengan wanita.

Selain itu dari riset Universitas Oxford tersebut juga diketahui bahwa otak wanita menunjukkan tingkat efisiensi yang lebih tinggi daripada otak pria. Otak wanita memiliki ingatan yang lebih baik, neuron-neuron nya terhubung lebih baik, melihat warna secara lebih rinci, merasakan rasa dengan definisi yang lebih besar, dan matang lebih cepat.


Dari penelitian ini bisa disimpulkan bahwa otak wanita dan otak pria memiliki fungsi yang berbeda. Sehingga hal ini menyebabkan perbedaan tingkat kedewasaan dan tingkah laku pada masing-masing orang.

Simak Video "Usai Telanjang Dada, Model Seksi Ini Dilarang Nonton Bisbol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)