Ngeri! Hobi Tanning Malah Berakibat Ujung Hidung Hilang

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 22 Jun 2019 20:14 WIB
Ilustrasi tanning. (Foto: iStock) Ilustrasi tanning. (Foto: iStock)

Toulouse - Tanning dараt dіlаkukаn dengan cara bеrjеmur dі bаwаh ѕіnаr mаtаhаrі demi mеndараtkаn warna kulіt yang kecokelatan. Meskipun ѕіnаr mаtаhаrі bаіk untuk pembentukan vіtаmіn D, bеrjеmur tеrlаlu lаmа bisa berdampak buruk.

Seperti wanita bernama Laure Seguy, ia rutin berjemur di bawah terik matahari dengan tidak memakai krim pelindung matahari.


Ilustrasi tanning.Ilustrasi tanning. (Foto: iStock)
Laure bercerita, "Ketika saya masih muda, saya tidak pernah memakai krim pelindung matahari dan saya suka tampilan dengan kulit kecokelatan."

Karena kebiasaan itu, Laure harus rela kehilangan ujung hidungnya karena ia ternyata mengidap penyakit Kanker kulit.

Wanita 35 tahun ini tinggal di Toulouse, Prancis, dengan dan suaminya Tom dan putri mereka yang bernama Ayla Rose.

Gejala yang pertama kali muncul ada benjolan di hidungnya. Ia mengira benjolan biasa. Tapi semakin lama benjolan itu berdarah dan kudis.
Seperti yang di lansir MetroUk, Laure sempat berobat ke dokter pada Oktober 2018 dan hanya diberikan obat anti bakteri saja.


Ngeri! Hobi Tanning Malah Berujung Kanker KulitIlustrasi tanning. (Foto: iStock)

Setelah lima bulan tidak kunjung sembuh, akhirnya Laure pergi ke dokter lain untuk menyembuhkan benjolan yang ada di hidungnya itu. Setelah diperiksa, ternyata Laure mengidap salah satu jenis kanker kulit, karsinoma sel basal. Penyakit itu bisa menyebar ke bagian lain dari tubuh lainnya.

Pada Mei, Laure menjalani tiga prosedur operasi pembedahan. Oertama, pemotongan sekitar 11mm dari ujung hidungnya untuk menghapus sel kanker dan memastikan semua karsinoma telah hilang. Proses tersebut memakan waktu selama dua jam.

Ngeri! Hobi Tanning Malah Berujung Kanker Kulit(Foto: iStock)
Kemudian Laure menjalankan operasi terakhirnya agar aliran darah melalui vena bisa mengalir dari dahi ke hidungnya. Setelah operasi, ahli bedah yakin bahwa Laure akan sembuh.

Wajah Laure yang kini berangsur membaik, tetapi ukuran hidungnya menjadi lebih ramping dan kecil dari yang sebelumnya. Sejak saat itu, Laure mengimbau wanita lainnya agar berhati-hati ketika melakukan kegiatan di luar ruangan. Pemakaian krim pelindung sinar matahari perlu agar terhindar dari kanker kulit.

(dtg/dtg)