Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan Mentah

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 21 Jun 2019 19:14 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Beragam tren diet menjamur di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah raw food atau diet makanan mentah yang pertama kali diperkenalkan oleh Maximilian Bircher-Benner seorang dokter asal Sanatorium, Swiss sejak tahun 1897.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang sebenarnya tidak baik untuk dikonsumsi mentah-mentah karena bisa membahayakan kesehatan. Sebaiknya, makanan tersebut diproses atau dimasak terlebih dahulu.

Dikutip dari laman Bright Side, berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimakan secara mentah:

1. Susu
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock
Susu segar dipercaya baik bagi kesehatan. Namun, untuk merasakan kesegarannya bukan berarti harus mengonsumsi susu yang baru diperah dari sapi, kambing, domba, kerbau, atau unta. Susu mentah harus dipasteurisasi, yaitu proses sterilisasi kuman melalui pemanasan pada suhu 60 - 70 derajat Celsius selama 30 menit untuk membunuh bakteri patogen atau parasit yang bisa menimbulkan penyakit seperti infeksi serius Salmonella, listeria, dan E.Coli. Penelitian oleh The CDC menunjukkan bahwa wabah dari susu mentah sangat mengancam kesehatan tubuh.

2. Sayur Kale
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: Istock
Bagi semua orang yang memperhatikan nutrisi makanan pasti tahu kalau kale adalah sayuran kaya nutrisi. Tapi kale juga bisa menjadi sayuran yang berbahaya jika dimakan mentah dalam jumlah yang banyak. Kale mentah bisa menimbulkan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan fluktuasi atau gejala yang menunjukkan turun-naiknya gula darah, berat badan, dan kesehatan metabolik secara keseluruhan. Anda bisa menderita pembengkakan tiroid atau gondok.


3. Telur
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock
Kebiasaan memakan telur mentah sudah menjadi tradisi di negara Jepang dan Korea seperti yang dipopulerkan oleh adegan film Rocky (1976). Mitos yang ada di tengah masyakarat tentang telur mentah lebih sehat daripada telur dimasak terbantahkan melalui hasil studi yang menemukan bahwa penyerapan protein lebih tinggi dalam telur yang dimasak. Telur matang terbukti memiliki kandungan protein sebanyak 90 persen ketimbang telur mentah yang hanya 50 persen. Pada telur mentah, ditemukan wabah infeksi salmonella dari kulit telur yang sudah terkontaminasi. Demikian hasil penelitian The US Departement of Agriculture (USDA).

4. Kacang Almond
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock

Selain rasanya yang enak, kacang almond juga mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Namun, kacang almond ternyata memiliki kandungan senyawa berbahaya yaitu sianida. Makan paling tidak empat sampai lima butir almond pahit bisa menyebabkan pusing, mual, dan kram perut. Menurut sebuah studi kasus, kacang almond pahit mentah ilegal banyak berada di Amerika dan ada beberpa negara yang sudah melegalkannya.

5. Elderberry
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock
Elderberry dikenal kaya akan manfaat. Tanaman yang berasal dari pohon elder ini sangat ampuh untuk mengatasi flu, pilek dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Elderberry atau Sambucus nigra merupakan tanaman yang berasal dari Eropa, Afrika dan sebagian Asia.

Akan tetapi, makan atau minum Elderberry mentah atau bagian beracun lain dari daun elderberry dapat menyebabkan mual, muntah, pusing dan sempoyongan. Untungnya, zat beracun yang ditemukan dalam berry itu bisa dilumpuhkan dengan cara dimasak sampai matang.


6. Tepung Terigu
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock

Menjilat adonan kue yang mentah, bisa berdampak cukup serius terhadap kesehatan Anda. Anda mungkin beresiko terkena bakteri E.Coli dalam tepung.

Pada tahun 2016, ada 63 orang terjangkit wabah infeksi E.Coli akibat mengkonsumsi tepung mentah. Bakteri berbahaya ini bisa hilang ketika anda memasak olahan tepung sampai matang.

7. Brussel Sprouts/Kubis Brussel
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock
Memiliki bentuk yang mirip dengan kubis tapi berbentuk bulat dan mini, sayuran ini berasal dari ibukota Belgia, Brussel. Kebanyakan orang tidak menyukai sayuran ini karena bau dan pahit.

Tapi jika dimasak dengan benar, baik direbus maupun dipanggang, brussel sprout memberikan rasa yang segar dan nutrisi yang baik bagi tubuh.Bagi Anda yang menderita penyakit hipotiroidisme, tidak disarankan untuk mengkonsumsi brussel spourt mentah karena bisa menyebabkan disfungsi tiroid.

8. Buah Apel
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: ilustrasi/thinkstock
Siapa yang tak kenal dengan buah apel? Buah yang sangat familiar ini bisa dijumpai di manapun Anda berada, baik di pasar tradisional, swalayan bahkan supermarket. Di balik rasanya yang segar, ada banyak manfaat buah apel bagi kesehatan yang bisa didapatkan oleh tubuh Anda. Tapi, Anda harus mengonsumsi secara hati-hati karena biji yang ada di dalam buah apel mengandung amygdalin, yaitu zat yang bisa melepaskan zat sianida. The Agency for Toxic Substance & Disease Registry (ATSDR) mengatakan bahwa memakan biji apel dalam jumlah yang kecil juga bisa berbahaya.

9. Kacang Mete
Catat, Ini 9 Makanan yang Seharusnya Tak Dimakan MentahFoto: iStock

Kacang mete bukan hanya snack yang lezat, tetapi juga bisa mengurangi kolesterol jahat, mengurangi risiko serangan jantung, dan membantu menjaga berat badan. Kacang mete yang mentah mengandung urushiol, yaitu zat beracun yang ditemukan di Poison Ivy. Tanaman tersebut berasal dari keluarga tanaman yang sama sebagai pohon kacang mete.

(dtg/dtg)