Teknik Operasi Plastik Ini Bikin Pria Punya Perut Six Pack Secara Instan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 24 Apr 2019 14:38 WIB
Foto: Dok. Thinkstock Foto: Dok. Thinkstock

Jakarta - Mempunyai perut six pack jadi idaman banyak pria karena menonjolkan kesan tubuh seksi dan atletis. Rajin fitnes dan makan sehat jadi kunci utama untuk mendapatkan perut rata dan berotot bak 'roti sobek'.

Memang perlu komitmen dan disiplin tinggi dalam berolahraga serta menjaga pola makan demi memiliki bentuk tubuh seperti model atau atlet. Tapi bagi mereka yang menginginkan cara instan, satu prosedur operasi bisa dilakukan.

Belakangan ini muncul tren mendapatkan perut six pack secara instan, dengan prosedur yang dinamakan 'abdominal etching' atau 'mengukir perut'. Metode yang digunakan sebenarnya tidak terlalu baru dalam teknologi operasi plastik, hanya saja tekniknya lebih inovatif.



Teknik Operasi Plastik Ini Bikin Pria Punya Perut 'Roti Sobek' Secara InstanFoto: Thinkstock

Proses 'pengukiran perut' dilakukan dengan liposuction, yakni penyedotan lemak. Seperti dilaporkan jurnal Plastic and Reconstructive Surgery, dokter bedah akan menyedot lemak pada bagian perut, tidak hanya di bawah permukaan kulit saja tapi juga lapisan tertentu.

Teknik penyedotan lemak ini akan mengaksentuasi garis-garis yang sebenarnya sudah ada secara alami di perut. Bentuk otot perut pun bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Ada pasien yang ingin bentuk ototnya lebih kotak dan tegas, ada pula yang lebih suka tonjolan ototnya lebih halus serta membulat.

Operasi plastik untuk membentuk six pack bukannya tanpa risiko. Dokter memperingatkan akan adanya efek samping pascaoperasi. Seperti dikutip dari Men's Health, ada beberapa risiko yang bisa terjadi seperti infeksi atau kerusakan pada syaraf dan otot.
Teknik Operasi Plastik Ini Bikin Pria Punya Perut 'Roti Sobek' Secara InstanFoto: Thinkstock


Selain itu setelah operasi, bukan berarti pasien bisa bebas menyantap makanan apapun yang diinginkan. Diet sehat dan olahraga rutin tetap harus dilakukan untuk menjaga perut tetap rata dan berotot. Kamu tentunya tidak mau perut kembali buncit setelah mengeluarkan biaya puluhan juta rupiah untuk operasi plastik.

Menurut ahli bedah plastik dr Dabu Mahandaru, Sp.BP-RE dari The Clinic Beautylosophy, biaya untuk membentuk perut six pack dengan jalan operasi mulai dari Rp 60 juta.

"Hasilnya selamanya sih nggak artinya kalau pasiennya nggak ngejaga dia akan tumbuh lemak lagi nantinya dan lama kelamaan akan hilang. Tak ada yang permanen kalau Anda tidak menjaganya pasti akan hilang," jelas dr Danu kepada Wolipop. (hst/hst)