4 Tips Sederhana Memulai Hidup Sehat dari Psikolog

Raras Prawitaningrum - wolipop Rabu, 13 Mar 2019 11:11 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock

Jakarta - Mengubah gaya hidup menjadi solusi bagi banyak wanita ketika ingin membentuk tubuh yang ideal. Namun mengubah gaya hidup seperti menerapkan pola hidup sehat tidaklah mudah. Sering kali saat baru memulai beberapa hari, seseorang sudah mundur dan gagal karena berbagai hal.

Menjawab fenomena tersebut, pakar psikologi Vera Itabiliana mengungkapkan hal yang sering menjadi penghalang ketika ingin mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Salah satunya adalah inertia, mekanisme yang memberikan perlawanan terhadap perubahan walaupun perubahan tersebut positif.

"Selain inertia, ada dua faktor penting lainnya yang mempengaruhi kegagalan dalam mengubah pola hidup. Pertama, faktor psikologis seperti anggapan melakukan perubahan adalah proses yang rumit. Kedua, lingkungan sekitar yang kurang mendukung," ujar Vera di acara Media Gathering Bersama Beko Indonesia di Greenhouse Kuningan, Kamis (28/2/2019).

Agar resolusi hidup sehat tidak berakhir wacana, Vera membagi beberapa tips. Simak tipsnya berikut ini.

Tetapkan Tujuan yang Jelas

Tips pertama adalah menentukan tujuan dan target yang jelas sehingga hasilnya maksimal dan kemungkinan untuk mundur tidak akan terjadi.

"Tetapkan tujuan. Tujuannya harus jelas, targetnya pun juga harus jelas. Misal mau sehat, sehatnya seperti apa dulu? Coba mulai dari hal simpel misalnya saya mau makan nasi satu hari satu kali saja," katanya.


Mulai dari Hal Kecil

Vera mengatakan sering kali resolusi hidup sehat gagal karena seseorang memikirkan bahwa hal tersebut merepotkan. Hal ini sering terjadi bahkan sebelum mencoba karena melihat banyak aturan.

"Makanya mulai dari hal-hal kecil, jangan langsung muluk-muluk. Misalnya hari ini target jogging 10 menit. Besoknya ditambah 20 menit, besoknya lagi 30 menit. Bisa ditambah lagi karena kita sendiri yang tau kemampuan kita. Setiap orang itu tidak sama, jadi harus disesuaikan masing-masing," jelas Vera.

Lawan Tantangan

Vera mengingatkan saat menjalani pola hidup sehat, seseorang harus mengenali tantangan yang ada. Sehingga bisa tahu solusi atau apa yang harus dilakukan saat menghadapi tantangan tersebut.

"Contohnya, biasanya orang pas jogging setelahnya tergiur liat gerobak gorengan atau lontong sayur, ya besoknya harus ganti rute jogging," ujarnya.


Manfaatkan Lingkungan Sekitar

Hal yang sering diabaikan, tapi penting untuk mendukung pola hidup sehat adalah mengabaikan lingkungan sekitar. Ketika mau berubah, lanjut Vera, kita sering merasa serba bisa dengan cara sendiri. Padahal dengan memberi tahu keluarga dan teman, resolusi bisa tercapai karena terus didukung.

"Selain teman dan keluarga yang kita ajak untuk dukung hidup sehat, pilih juga peralatan rumah tangga yang tepat. Misalnya peralatan yang praktis untuk bikin makanan sehat lebih mudah atau kulkas yang punya fitur untuk menjaga kesegaran bahan makanan," ucapnya.

Demi mendukung pola hidup sehat, Beko menghadirkan peralatan rumah tangga sebagai healthy life starter. Salah satunya adalah kulkas Beko Refrigerator Healthy Eating Series yang dilengkapi fitur Active Fresh Blue Light. Fitur ini bisa membantu sayur dan buah melangsungkan proses fotosintesis sehingga kesegaran dan nutrisinya terus terjaga.


4 Tips Sederhana Memulai Hidup Sehat dari Psikolog
(prf/eny)