3 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Hestianingsih - wolipop Jumat, 18 Jan 2019 11:02 WIB
Ilustrasi bawang putih. Foto: Istock Ilustrasi bawang putih. Foto: Istock

Jakarta - Bawang putih merupakan salah satu bumbu yang paling penting dalam setiap makanan. Selain menambah cita rasa, aroma bawang putih juga membuat hidangan menjadi lebih sedap.

Tidak hanya berguna sebagai bumbu masak, bawang putih juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Ini beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan menurut National Cancer Institute, seperti dikutip dari She Knows:

1. Manfaat Bawang Putih untuk Anti-inflamasi

Dr. Tania Elliott mengatakan, "Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan meningkatkan kekebalan untuk memerangi virus dan bakteri."

Para peneliti menemukan manfaat bawang putih dapat membantu tubuh mengatasi peradangan. Dalam satu studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Virus, para ilmuwan melihat respons peradangan tubuh terhadap infeksi virus dengue yang disebabkan oleh nyamuk. Senyawa aktif dalam bawang putih membantu mengurangi peradangan akibat penyakit ini.



2. Manfaat Bawang Putih untuk Mengatasi Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian bagi pria dan wanita. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mencatat bahwa lebih dari 600 ribu orang di Amerika Serikat setiap tahunnya meninggal karena penyakit jantung.

Sebuah studi tahun 2010 yang dilakukan Institute of Preventive dan Clinical Medicine di Slovakia menunjukkan bahwa bawang putih memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi serta penyakit jantung koroner.

3. Manfaat Bawang Putih untuk Mencegah Flu

Penyakit flu sering kali sulit disembuhkan karena disebabkan oleh virus yang tidak dapat disentuh antibiotik. Sebuah studi tahun 2014 dari University of Western Australia mengakui bahwa bawang putih tidak begitu efektif menyembuhkan flu, namun suplemen bawang putih mungkin memiliki manfaat untuk mencegah flu.

Bagaimana cara mendapatkan manfaat dari bawang putih bagi kesehatan?

Elliott menyarankan, "Untuk manfaat terbesar, makan bawang putih mentah atau biarkan hancur atau cincang selama 10 menit sebelum dimasak."

Namun, jika Anda tidak ingin memasukkan banyak bawang putih ke dalam makanan, pilihlah suplemen bawang putih dalam bentuk kapsul atau tablet.



(hst/eny)