Ingin Langsing di 2018? Hindari 5 Resolusi Diet Seperti Ini

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 31 Des 2017 12:28 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa

Jakarta - Tahun baru sering dimanfaatkan orang untuk berusaha menjadi pribadi yang baru. Karena itu, banyak orang membuat resolusi di awal tahun sebagai acuan dan penyemangat untuk berubah. Salah satu resolusi paling umum adalah untuk lebih langsing dengan berdiet. Sayangnya, resolusi diet tak selalu memberi hasil maksimal. Jika Anda sering gagal di tahun sebelumnya, hindari buat lima resolusi diet berikut di 2018:

1. Berhenti Minum Kopi
Terlalu banyak minum kopi memang kurang baik untuk kesehatan. Kandungan gula di dalamnya juga dikatakan bisa menggemukkan. Namun menghilangkannya sama sekali juga tidak diperlukan. Ahli diet Kate Save mengatakan jika kopi masih baik dikonsumsi hingga 200 mg per hari. Kopi pun bermanfaat untuk meningkatkan memori hingga mencegah Alzheimer.

2. Hanya Makan Organik
Bahan makanan organik menjadi tren belakangan ini. Meski lebih menyehatkan, Kate tidak menyarankan agar Anda selalu membeli makanan organik. Selain lebih mahal, bahan organik terkadang juga punya pestisida yang kurang baik untuk tubuh yakni salisilat. Untuk diet yang lebih natural, perbanyak saja sayuran dan buah serta pastikan mencuci dengan bersih sebelum konsumsi.

3. Gluten-Free
Orang yang ingin lebih langsing biasanya juga akan menghindari makanan mengandung gluten. Namun resolusi untuk gluten free sepanjang tahun juga tidak terlalu disarankan. Menurut Kate, terkadang makanan yang dilabeli bebas gluten justru banyak diproses, mengandung gula serta lemak berlebih agar terasa enak.

"Diet bebas gluten mungkin dibutuhkan untuk beberapa orang tapi untuk banyak orang yang tidak mengerti tujuan aslinya dan memilih produk bebas gluten untuk menurunkan berat badan akan tertipu," ungkap Kate dilansir Dailymail.

4. Meninggalkan Dairy
Makanan berbahan susu atau olahan susu dianggap sebagai penyebab kegemukan. Meski begitu, hindari pula benar-benar meninggalkannya. "Protein dan kalsium tinggi dalam kategori makanan ini penting untuk pertumbuhan tubuh untuk mereka yang aktif dan menua," kata wanita asal Australia itu.

5. Berhenti Makan Cokelat
Kelezatan cokelat rela ditinggalkan orang-orang yang berniat menurunkan berat badan. Hal itu sayangkan karena sebenarnya tak terlalu diperlukan. Cokelat diketahui kaya antioksidan. Namun Anda bisa memilih yang tidak mengandung banyak susu dan makan paling banyak dua batang.

(ami/kik)