12 Hal yang Perlu Dilakukan di Pagi Hari agar Anda Selalu Bahagia

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 11 Jul 2017 08:39 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pagi hari merupakan awal untuk memulai segala aktivitas. Untuk itu bangun di pagi hari dengan perasaan positif dapat membantu Anda merasa lebih bahagia dan siap menjalani hari. Berikut beberapa tips yang dapat membantu hari Anda menjadi lebih positif dan bahagia.

1. Minum Segelas Air Putih
Foto: iStock

Minum air putih dapat meningkatkan metabolisme dan mengaktifkan organ dalam. Anda juga bisa menambahkan lemon dan madu atau cukup minum air hangat untuk menetralisir tubuh. Minum segelas air setelah bangun tidur juga dapat berperan sebagai detox.

2. Patuhi Alarm Ketika Berbunyi
Foto: Dok. Sensorwake

Menunda-nunda waktu bangun dengan mematikan alarm sementara dapat membuat Anda semakin lemas dan lesu. Hal yang terbaik adalah bangun dari tempat tidur ketika alarm telah berbunyi, hal itu dapat membuat hari Anda menjadi lebih bersemangat.

3. Bangun dengan Kamar yang Bersih
Foto: thinkstock

Kamar yang berantakan akan menghasilkan pikiran yang kacau. Jadi sebaiknya untuk memulai hari dengan awal yang positif pastikan kamar Anda selalu dalam keadaan bersih dan rapi.

4. Senyum
Foto: ilustrasi/thinkstock

Senyuman adalah cara sederhana yang ampuh untuk membangun pikiran dan hati yang positif. Senyum pada diri sendiri sambil melihat di cermin, dan berikan senyuman pada orang-orang di sekitar Anda dapat membangkitkan energi dan perasaan senang.

5. Bersyukur
Foto: Thinkstock

Bersyukur dapat membuat Anda untuk bersiap menikmati hari bahagia. Hal itu bisa dilakukan dengan cara memikirkan setidaknya lima hal yang Anda syukuri seperti merasa berterima kasih atas nikmat sehat yang telah diberikan oleh Sang Pencipta.

6. Nikmati Matahari Pagi
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)

Menikmati matahari pagi dan menghirup udara segar dapat membantu Anda merelakskan dan menyegarkan pikiran serta tubuh. Latihan ringan seperti yoga, jogging, bersepeda atau sekadar berjalan di tengah matahari pagi dapat membantu dalam peningkatan sirkulasi darah dan suplai oksigen segar ke paru-paru.

7. Jauhkan Smartphone Untuk Sementara Waktu
Foto: Thinkstock

Teknologi dapat memengaruhi tingkat energi dan pikiran secara negatif. Untuk lebih menikmati pagi Anda sebaiknya hindari sementara waktu memeriksa media sosial atau berselancar di dunia maya dan lakukan kegiatan yang menarik bersama keluarga atau pasangan Anda. Misalnya saja mengobrol, sarapan bersama atau olahraga pagi bersama.

8. Mendengarkan Musik
Foto: Dok. Brookstone

Mendengarkan musik merupakan salah satu aktivitas yang melibatkan seluruh bagian otak. Selain merasa terhibur, mendengarkan musik favorit juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

9. Aktivitas Fisik
Foto: Thinkstock

Tak perlu olahraga yang berat di pagi hari, Anda juga bisa melakukan latihan ringan sekitar 10 sampai 20 menit setelah bangun tidur untuk menggerakkan tubuh. Misalnya saja bersih-bersih rumah seperti menyapu atau mengepel dan bahkan memasak bisa meningkatkan mood positif Anda untuk menjalani hari lebih ceria. Tapi jika memungkinkan, tak ada ruginya meluangkan waktu untuk jogging.

10. Buat Rencana
Foto: thinkstock

Setiap orang yang bahagia dan sukses tentunya punya cara yang sama setiap harinya dengan membuat perencanaan kegiatan. Anda bisa meluangkan waktu beberapa menit di pagi hari untuk membuat daftar atau list yang harus dikerjakan selama 24 jam ke depan. Hal ini membantu segala aktifitas Anda terstruktur dan teratur sehingga dapat terhindar dari stress.

11. Sarapan Pagi
Foto: iStock

Sarapan pagi dengan makanan yang enak dan bergizi dapat memberikan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas. Selain itu, sarapan pagi juga dapat memberikan nutrisi sehingga otak dapat berpikir lebih baik dan lebih cepat.

12. Berpenampilan Baik
Foto: Thinkstock

Berpenampilan baik bisa memiliki efek positif bagi suasana hati Anda. Berpakaian rapi dan menyukai penampilan diri sendiri membuat Anda lebih percaya diri dan bahagia untuk menjalani hari yang panjang. (agm/hst)