4 Makanan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Rista Adityaputry - wolipop Sabtu, 11 Mar 2017 07:17 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Asam lambung memang penyakit yang membuat orang serba salah. Mau makan ini, salah. Mau makan itu, salah. Ya, saat memilih makanan, penderita maag memang harus lebih waspada dari orang biasa karena kesalahan itu bisa menyebabkan asam lambung meningkat dan GERD (gastroesophageal reflux disease) kambuh.



Jika ini terjadi pada Anda, segeralah periksa ke dokter. Biasakan diri untuk berhenti makan dua hingga tiga jam sebelum tidur lalu hindari makanan berminyak dan pedas. Anda juga bisa memakan makanan tertentu seperti empat makanan di bawah ini untuk mengurangi ketidaknyamanan saat maag kambuh. Today melansir empat makanan yang cocok untuk para penderita maag agar gejala bisa dikurangi.

1. Buncis
Foto: iStock

Buncis adalah sumber dari magnesium, sebuah mineral yang bertanggungjawab untuk konstraksi saraf dan juga memiliki efek menenangkan. Jika Anda tidak doyan buncis, Anda bisa mencoba asparagus dan seledri yang memiliki efek sama untuk pencernaan Anda.

2. Nasi Merah
4 Makanan Sehat untuk Penderita Asam LambungFoto: Thinkstock
Nasi merah tidak sukar untuk dicerna dan dapat memenuhi kebutuhan serat Anda. Anda bisa memasaknya dengan dada ayam tanpa lemak atau salmon panggang. Hindari mencampurnya dengan goreng-gorengan karena itu sama saja membuat asam lambung meningkat. Jika Anda mulai bosan dengan beras merah, ganti dengan farro, yaitu sejenis butiran gandum berkacang sebagai ganti pasta atau nasi.

3. Pisang
Foto: iStock

Selain mengandung zat alkaline, pisang juga berperan sebagai antasid alami dengan melapisi perut Anda saat mencerna makanan untuk membantu melindungi lapisan perut. Pisang juga dikenal dengan kandungan potassium tinggi yang juga berfungsi sebagai mineral alkaline dalam tubuh. Alternatif lain adalah melon yang mudah dicerna untuk menghindari gejala naiknya asam lambung.

4. Adas
4 Makanan Sehat untuk Penderita Asam LambungFoto: Thinkstock

Adas dikenal sebagai tumbuhan dengan efek menenangkan. Anda bisa memanfaatkannya dalam bentuk teh adas yang berfungsi untuk menenangkan tubuh dan sebagai anti peradangan. Senyawa dalam adas bisa menenangkan perut dan tinggi serat sehingga bisa berpengaruh pada sistem pencernaan. (hst/hst)