ADVERTISEMENT

5 Aktivitas untuk Bakar 100 Kalori Per Hari

Hestianingsih - wolipop Rabu, 27 Jan 2016 14:44 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Bisa menurunkan banyak berat badan dalam waktu singkat masih menjadi 'mimpi' banyak orang yang menginginkan tubuh langsing nan indah. Obsesi tersebut kerap kali menempatkan mereka pada perilaku diet yo-yo, dimana seseorang mengikuti pola makan ekstrem yang sangat rendah kalori namun tak berapa lama kembali kepada diet tidak sehat. Alhasil mendapatkan bentuk tubuh ideal serasa hanya jadi sebuah angan-angan belum lagi dampak buruknya bagi kesehatan.

Penurunan berat badan yang sehat, idealnya terjadi secara perlahan. Lebih kurang 0,5 - 2 kg dalam sebulan. Menurunkan berat badan perlahan namun konsisten akan lebih tahan lama dan kecil kemungkinannya untuk cepat kembali ke berat badan semula. Untuk bisa turun bobot minimal 0,5 kg sebulan, Anda perlu membakar sekitar 100 kalori per hari. Kabar baiknya, tidak harus dengan selalu berolahraga karena aktivitas sehari-hari pun bisa membantu mempercepat pembakaran kalori.

1. Tari Salsa Selama 20 Menit

Tari Salsa merupakan salah bentuk latihan kardio yang mempercepat detak jantung dan pembakaran kalori. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Human Movement Science mrngungkapkan bahwa cukup menari Salsa selama 12 menit untuk bisa membakar kalori. Namun agar lebih maksimal, disarankan melakukan dansa yang fokus pada goyangan pinggul ini selama 20 menit khususnya bagi wanita dengan berat badan di atas 63 kg.

2. Bekerja di Kantor Selama 63 Menit

Bekerja dalam konteks ini, bukan hanya duduk di meja sambil mengetik atau menganalisa data-data. Namun melingkupi berbagai kegiatan yang biasa Anda lakukan di kantor. Mulai dari mengetik, berbicara di telepon hingga jalan keluar kantor untuk makan siang bersama kolega. Aktivitas kantor juga bisa dilakukan dengan mengambil sendiri minuman ke pantry, naik turun tangga ketimbang lift dan berjalan ke toilet.

3. Belanja di Supermarket Selama 20 Menit

Belanja bahan makanan di supermarket kini bisa dilakukan hanya dengan memesannya lewat internet dari dalam rumah. Lebih praktis, memang. Tapi jika ingin 100 kalori sehari lenyap dari tubuh Anda, berjalan dan belanja lah sendiri ke supermarket. Kegiatan mendorong troli, memilih-milih barang dan menenteng kantong belanjaan sendiri jauh lebih sehat ketimbang hanya duduk di rumah, melihat-lihat online shop sambil mengudap keripik.

4. Karaoke 41 Menit

Karaoke, ditambah sambil berjoget ringan tak hanya merelakskan pikiran dan membuat hati senang tapi juga membantu membakar kalori. Anda tidak harus setiap hari pergi ke tempat khusus karaoke karena tentu akan boros. Bernyanyi juga bisa dilakukan saat menonton kompetisi menyanyi di TV, atau lewat aplikasi karaoke di smartphone. Selain bisa semangat menyanyi, Anda pun bisa merekam hasil nyanyian. Menarik bukan?

5. Walk-Jogging 16 Menit

Disebut juga dengan wogging, aktivitas jogging yang diselingi dengan berjalan ini cukup ringan dan mudah dilakukan orang segala usia. Anda bisa mencoba dengan jogging terlebih dahulu selama 1-2 menit, lalu selingi dengan berjalan. (hst/hst)