Tips Menghindari Banyak Ngemil Saat Berada di Kantor

Aulia Rizky Wijayanto - wolipop Minggu, 10 Jan 2016 15:02 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Menghabiskan waktu seharian di kantor kerap kali membuat Anda mengudap camilan sebagai penghilang rasa bosan dan kantuk. Namun terlalu banyak camilan tidak sehat bisa berujung kegagalan resolusi diet Anda di tahun yang baru ini. Untuk menghindarinya, berikut lima trik yang bisa membantu Anda mengontrol camilan tidak sehat saat di kantor esok hari:

1. Bawa Bekal Makan Siang
Pastikan bekal makan siang Anda dipenuhi protein, sayuran dan sebisa mungkin kurangi karbohidrat agar rasa kenyang bertahan lebih lama. Sebagai penyemangat, Anda bisa membeli kotak makan atau botol minuman baru dan mengisinya dengan makanan yang sehat. Ingat untuk menyiapkan bekal di malam sebelumnya agar Anda tak tergesa-gesa saat pagi.

2. Pilih Makanan Sehat Jika Memilih Makan di Luar
Jika harus makan di luar karena keperluan bisnis atau makan bersama rekan kerja, pilihlah makanan yang sekiranya menyehatkan. Jangan buru-buru memutuskan, pilihlah makanan yang kaya akan sayuran dan protein tinggi seperti ikan atau dada ayam. Lengkapi dengan buah-buahan dan jangan lupa minum air putih agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.

3. Bawa Cemilan Sehat
Daripada menjadikan coklat atau makanan ringan lain sebagai cemilan, Anda bisa membawa buah atau sayur sebagai penggantinya. Jika Anda tidak ada waktu untuk membawa buah atau sayur, batasi konsumsi makanan hingga 200 kalori. Hati-hati karena kalori dari makanan ringan hampir sama dengan setengah porsi makanan berat.

4. Hindari permen atau manisan lainnya
kandungan sukrosa dan glukosa yang ada di permen dapat membuat kadar gula Anda tinggi. Permen mengandung 20-30 kalori perbutir. Memang bukan jumlah yang banyak seperti cemilan lainnya, namun jika dikonsumsi terlalu sering tentu bisa menimbun lemak di tubuh Anda. Makanan manis juga dapat merusak gigi karena sisa-sisa permen yang menempel yang dapat merusak jika tidak dibersihkan dengan baik.

5. Minum Banyak AIr
JIka Anda pernah merasa lapar walaupan sudah makan besar, bisa jadi Anda kehausan dan bukan kelaparan. Jangan lupa untuk minum air 6-8 gelas perhari. Air mengandung banyak manfaat seperti menjaga kelembaban kulit, terhindar dari dehidrasi, menjaga otot agar lebih sehat, menjaga sistem pencernaan agar normal, membantu menjaga berat badan, dan lain-lain. (asf/asf)