ADVERTISEMENT

Move On Pasca Liburan

4 Strategi Lawan Rasa Lemas dan Malas Setelah Libur Panjang

Hestianingsih - wolipop Rabu, 06 Jan 2016 14:47 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Tidak semangat bekerja pasca libur panjang menjadi salah satu kendala yang dialami sebagian besar pekerja saat ini. Harus kembali berjibaku dengan setumpuk pekerjaan setelah santai dan bersenang-senang, tak jarang membuat karyawan lebih mudah lelah, stres belum lagi kemampuan memori yang menurun akibat fenomena yang dikenal dengan istilah 'social jet lag' ini.

Bukan hanya menurunkan motivasi kerja, social jet lag juga berpotensi meningkatkan risiko kegemukan bahkan obesitas pada pekerja. Seperti dikutip dari Vogue, pakar psikologi Dr. Till Roenneberg mengungkapkan risiko tersebut naik hingga 33 persen, disebabkan kurangnya tidur yang membuat metabolisme tubuh menurun. Selain itu karena selalu merasa lemas dan lesu, keinginan mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi pun meningkat.

Bagaimana agar tubuh serta pikiran kembali sehat dan bersemangat untuk menjalani aktivitas seperti biasanya? Beberapa tips ini bisa Anda terapkan.

1. Sempatkan Keluar Ruangan
Untuk melawan efek social jet lag, keluar ruangan dan berjalan-jalan bisa membantu Anda lebih cepat beradaptasi dengan ritme kerja yang sempat terhenti karena liburan. Sempatkan makan siang di luar dan jalan santai selama lebih kurang 20 menit. Beraktivitas di luar membuat tubuh mendapat cukup sinar matahari dan menyegarkan pikiran 30 kali lebih efektif ketimbang hanya duduk di depan meja kerja selama 8-9 jam.

2. Tambah Jam Tidur
Coba tambah jam tidur Anda menjadi sembilan jam per malam selama empat hari berturut-turut. Pastikan tidur Anda berkualitas, artinya bisa tertidur nyenyak tanpa terbangun dari malam hingga bangun pagi. Tutup tirai jendela, padamkan lampu, matikan gadget dan tidak mengonsumsi kafein setelah pukul 14.00.

3. Lebih Banyak Bergerak
Aktivitas fisik seperti olahraga dan fitnes akan melepaskan endorphin, hormon bahagia yang membuat tubuh dan pikiran lebih bersemangat. Maka dari itu perbanyaklah bergerak; ikuti kelas dansa, yoga, aerobik, spinning atau berenang. Lakukan selama minimal 30 menit hingga satu jam untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Makan Sehat
Segala makanan berlemak, bergula dan berkalori tinggi yang selalu tersedia saat liburan memang sangat menggoda untuk disantap kembali. Tapi jika ingin ritme kerja normal seperti semula, sebaiknya tinggalkan dulu daging/ayam panggang, keripik, cake dan soda dalam menu makan Anda. Perbanyak makanan sehat yang rendah kalori tapi kaya nutrisi. Sayuran segar, buah, biji-bijian, kacang-kacangan dan gandum adalah makanan yang tepat untuk memperbaiki sistem pencernaan dan metabolisme tubuh di saat kerja. (hst/hst)