Pilates Tak Hanya Bikin Langsing Tapi Bisa Bantu Wanita Cepat Hamil

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 26 Nov 2015 12:10 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - Selain yoga, pilates kini menjadi salah satu latihan fisik yang digemari para wanita modern. Latihan yang fokus pada kekencangan otot dan pernapasan itu membantu para wanita mengatasi berbagai masalah fisik yang dihadapinya mulai dari kelebihan berat badan hingga nyeri punggung karena keseringan pakai high heels.

Instruktur pilates sekaligus ahli fisioterapi, Susan Sherriany Tundoong, mengatakan banyak wanita yang datang kepadanya untuk latihan pilates bukan hanya demi mengencangkan otot atau olahraga semata namun juga mengobati sakit punggung serta leher. Menurutnya, gaya hidup wanita modern yang sering dituntut menggunakan high heels setiap hari menjadi salah satu penyebab nyeri punggung yang banyak dialami oleh masyarakat urban.

"Wanita zaman sekarang kayak sosialita itu suka pakai high heels yang nanti membuat postur tubuhnya nya terlalu melengkung ke depan jadi back pain dia," ujar Susan saat berbincang dengan Wolipop di studio pilates Pilatology, Menara Prima, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/11/2015).

Tidak hanya mengatasi sakit punggung atau nyeri pada tubuh, pilates juga bisa mempengaruhi otot rahim wanita. Berikut manfaat latihan pilates untuk wanita:

1. Menurunkan Berat Badan
Susan mengatakan pilates bisa membuat tubuh menjadi lebih langsing. Jadi untuk wanita yang memiliki berat badan berlebihan atau bahkan sangat gemuk jangan takut tidak bisa melakukan pilates. Menurut wanita yang sudah menjadi instruktur pilates selama sepuluh tahun itu, latihan ini justru cocok untuk orang gemuk karena minim risiko cedera.

"Orang gemuk jangan takut exercise pilates karena ini low impact. Mungkin banyak orang berpikir karena dia gemuk dia nggak bisa melengkung, justru dia bisa bikin pilatesnya lebih aman. Cuma untuk orang yang gemuk gerakannya agak susah seperti melipat badan, melengkung. Karena merasa sulit itu nanti ada motivasi untuk menurunkan berat badan," papar Susan.

Wanita lulusan Universitas Indonesia ini pun menyarankan tetap menyeimbangkan latihan pilates dengan mengatur pola makan sehat. "Pilates sama diet berhubungan erat, kalau dia seminggu dua sampai tiga kali pilates dan dietnya jalan, sebulan bisa turun 2 hingga tiga kilogram," tambahnya lagi.

2. Perbaiki Postur Tubuh
Susan mengatakan pilates bisa memperbaiki postur tubuh wanita. Latihan tersebut akan membentuk ketahanan otot yang kuat dan tubuh menjadi lebih fleksibel. Gerakan-gerakannya juga membantu memperbaiki postur tubuh agar lebih seimbang sehingga bisa bekerja dengan efektif.

3. Bantu Program Kehamilan
Selain terkait postur tubuh, pilates juga bisa membantu wanita yang sedang menjalani program kehamilan. "Kalau susah hamil nanti kita berikan pelvicore exercise saat pilates, itu bisa merangsang peredaran darah di dalam rahim. Kalau sudah bagus peredaran darahnya jadi nanti dia gampang untuk isi," tambah wanita yang pernah mengambil sekolah pilates di Polestar Pilates Malaysia, Hong Kong, hingga Singapura itu.

4. Mempermudah Melahirkan
Manfaat lain dari olahraga pilates untuk wanita adalah mempermudah Anda ketika persalinan. Pilates membuat otot perut menjadi kencang dan meningkatkan stamina wanita.

"Saya sudah melahirkan tiga kali yang terakhir tanpa dibantu dokter, nge-push sendiri. Otot perutnya jadi kuat saat mendorong bayi keluar, staminanya juga pasti lebih bagus," pungkasnya.

(aln/aln)