ADVERTISEMENT

BAB Hanya 3 Hari Sekali? Santap 7 Makanan Ini Agar Lebih Lancar

Hestianingsih - wolipop Rabu, 21 Okt 2015 07:37 WIB
Dok. Getty Images
Jakarta - Merasa sulit buang air besar (BAB) dan seringkali tidak rutin? Idealnya, BAB seharusnya terjadi minimal satu hari sekali yang menandakan bahwa sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik. Tapi jika lebih dari dua hari Anda tidak juga BAB maka sudah disebut konstipasi atau mengalami gangguan. Akibatnya perut terasa kembung, tidak nyaman bahkan jika dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan infeksi hingga kanker.

Diet tidak sehat, kurang olahraga dan stres merupakan tiga faktor utama yang menyebabkan orang susah BAB. Jika sering mengalami kesulitan BAB, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi satu atau dua dari beberapa jenis makanan berikut ini.

1. Raspberry
Segala jenis macam buah berry, termasuk raspberry kaya akan serat. Namun raspberry memiliki kandungan yang tertinggi, sekitar 8 gram serat hanya dalam satu cangkir. Simpan selalu raspberry di dalam kulkas untuk mengatasi masalah konstipasi dengan segera. Agar lebih awet, taruh raspberry di dalam wadah atau kantong plastik kedap udara, kemudian masukkan dalam freezer dan biarkan membeku.

2. Kopi
Kafein alami yang terkandung dalam kopi tidak hanya bisa membuat tubuh dan mata lebih segar, tapi juga punya efek laksatif. Artinya, memicu otot perut untuk memunculkan kontraksi pada usus besar sehingga timbul keinginan untuk BAB. Namun perlu diingat, efek laksatif biasanya tidak terjadi pada setiap orang dan sebaiknya jangan mengonsumsi terlalu banyak kopi demi bisa BAB. Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan jantung berdegup dan sulit tidur.
 
3. Air Putih
Saat terjadi sembelit, bisa jadi karena Anda kurang minum air putih. Dehidrasi juga salah satu penyebab paling umum susah BAB. Minumlah air putih secara berkala dari pagi hingga malam menjelang tidur, minimal delapan gelas sehari.

4. Jeruk
Sebutir jeruk ukuran sedang mengandung lebih dari dua gram serat. Selain kaya serat yang membantu melancarkan pencernaan, berdasarkan sebuah studi yang dilansir Huffington Post, jeruk juga menimbulkan efek laksatif yang memicu BAB. Buah-buahan citrus lainnya seperti lemon, jeruk nipis dan grapefruit juga memiliki efek yang sama.

5. Nasi Merah
Dalam satu cangkir nasi merah terkandung 3,5 gram serat. Maka saat mengalami sembelit, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi nasi merah ketimbang nasi putih. Studi yang dilakukan pada 2007 menemukan bahwa wanita Jepang yang rutin makan nasi merah, risikonya 41 persen lebih kecil mengalami sembelit. Selain itu nasi merah juga kaya vitamin B, mangan, zat besi dan asam lemak yang baik bagi kesehatan tubuh.

6. Bayam
Secangkir bayam rebus mengandungi 4 gram serat dan lebih dari 150 gram magnesium. Mineral ini juga memiliki efek laksatif yang membuat Anda ingin BAB.

7. Yoghurt
Probiotik di dalam yoghurt bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan membuat 'rutinitas' BAB Anda rutin serta teratur di waktu yang sama. Bahkan berdasarkan studi yang dilakukan pada 2014, probiotik bisa membantu Anda lebih sering dan mudah BAB. Artinya, Anda tidak perlu mengejan terlalu kencang akibat faeces yang mengeras.

(hst/als)