Dian Sastrowardoyo: Diet Itu Harus Selalu Kenyang

- wolipop Jumat, 20 Apr 2012 10:03 WIB
dok. Detikhot
Jakarta - Sempat patah arang karena tubuhnya tak kunjung langsing pasca hamil dan melahirkan, kini Dian Sastrowardoyo bisa tersenyum lega. Aktris sekaligus bintang iklan ini sukses menurunkan bobot tubuhnya sebanyak 23 kg. Ternyata ada cara unik yang dilakukan Dian dalam menjalani pola dietnya, yaitu pantang lapar.

Menjalani program penurunan berat badan di salah satu pusat penyedia jasa pelangsingan, membuat Dian tahu lebih banyak soal pola diet yang sehat. Salah satunya adalah berusaha sebisa mungkin agar tidak kelaparan.

"Diet itu bukan menahan makan, tapi mengatur asupan makanan. Saya selama dan sebisa mungkin harus dalam keadaan kenyang, jadi hasrat untuk makan yang macem-macem pun tertahan. Kalau lagi kelaparan makan kita jadi tak terkontrol," tutur Dian, saat perkenalannya sebagai brand ambassador terbaru Maria France Bodyline di Kempinski Grand Ballroom, Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, Kamis (19/04/2012).

Lalu, bagaimana menjaga perut selalu kenyang tanpa mengasup kalori berlebihan dan menjadi gemuk? Ibu dari Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo (9 bulan) ini mengaku banyak makan terutama makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam sehari, Dian bisa menghabiskan dua hingga tiga porsi dada ayam dan delapan butir putih telur.

Dada ayam mengandung protein sangat tinggi, tapi lemaknya hanya sedikit bahkan hampir tidak ada. Begitu juga dengan putih telur, makan sebanyak apapun tidak akan membuat tubuh gemuk dan menaikkan kolesterol. Selain itu, banyak makan protein bisa menaikkan jumlah sel darah merah, kulit jadi bagus dan ASI lebih kental.

"Lemak itu sangat mudah diserap, dan karbohidrat cenderung hanya sedikit diserap tubuh sehingga untuk mencernanya hanya diperlukan sedikit kalori. Sedangkan protein, sulit dan tubuh perlu waktu lama untuk mencernanya. Karena lama dicerna itu, perut jadi terasa kenyang lebih lama," ujar Dian.

Jadi ketika lapar, Dian akan memilih dada ayam atau dadar telur putih karena dua makanan tersebut bisa dimakan sepuasnya tanpa takut menjadi gemuk.

"Makan dada ayam saja yang banyak. Kalau belanja telur sekilo, bisa habis hanya dalam sehari karena suami juga makan. Untuk karbohidrat saya hanya makan sayur dan kentang rebus, saya jarang makan nasi," tambahnya.

Dian menjalani pola diet hi-protein low-carbo, ditambah perbanyak vitamin dan mineral serta mengurangi asupan lemak. Dalam sehari, lawan main Nicolas Saputra dalam film 'Ada Apa Dengan Cinta?' ini bisa makan lima kali sehari, yang terdiri dari makan pagi-snack-makan siang-snack-makan sore. Meskipun mengaku malas berolahraga karena sudah terlalu sibuk dengan berbagai kegiatan dan mengurus anak, Dian sedang berusaha menyemangati diri untuk mencoba olahraga kardio dan pilates.

(hst/eya)