4 Jenis Teh yang Bisa Merampingkan Tubuh

- wolipop Kamis, 25 Agu 2011 10:11 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Teh dikenal sebagai minuman sehat yang apabila diminum teratur, bisa mencegah penyakit stroke, radang sendi, gigi keropos bahkan kanker. Tapi ternyata ada khasiat lain di balik itu.

Dikutip dari Times of India, teh merupakan bahan alami untuk membantu mengurangi berat badan berlebih. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa teh --baik yang terbuat dari daun teh atau daun herbal-- mengandung senyawa yang bisa mencegah penyerapan lemak berlebih pada tubuh.

Tapi tidak semua teh bekerja efektif. Sedikitnya ada empat jenis teh untuk membantu Anda dapatkan tubuh ideal.

1. Teh Peppermint Mengontrol Hasrat Makan
Daun peppermint bisa digunakan untuk membuat teh dengan rasa yang ringan dan menyegarkan, serta bisa dinikmati secara panas maupun dingin. Tak hanya menyegarkan, teh peppermint juga melancarkan pencernaan dan membantu membakar kalori. Untuk membuatnya, ambil satu sendok makan daun mint (segar/kering), lalu tuangkan air mendidih dan diamkan selama 4-5 menit. Kemudian saring dan tambahkan madu jika perlu.

2. Teh Hijau Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Sejumlah penelitian mengatakan bahwa senyawa kimia EGCG dan antioksidan catechin yang ditemukan dalam teh hijau, bisa mempercepat metabolisme tubuh manusia. Metabolisme merupakan proses mengubah nutrisi makanan dan kalori menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.

Jika metabolisme tubuh seseorang meningkat, maka akan lebih mudah baginya untuk menurunkan berat badan. Teh hijau juga bisa mengurangi hingga 70 kalori sehari. Menyeduh teh hijau sebaiknya dengan air bersuhu 85 derajat Celsius, selama dua sampai tiga menit.

3. Teh Mawar Mencegah Konstipasi
Teh mawar merupakan rasa teh paling klasik selain teh melati. Dibuat dengan mencampurkan kelopak mawar segar dan pucuk daun teh. Ternyata kombinasi ini bisa memberi efek teurapetik yang besar pada tubuh manusia. Teh mawar mengandung vitamin A, B3, C, D dan E yang dikenal ampuh mencegah infeksi. Teh ini juga bisa mencegah sembelit/konstipasi, serta membantu penurunan berat badan. Teh mawar biasanya tersedia di supermarket atau toko-toko herbal.

4. Teh Oolong Mencegah Kegemukan
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa oolong --teh semi fermentasi-- punya efek yang lebih kuat dalam penurunan berat badan dibandingkan teh hijau. Teh oolong bisa membantu proses pembakaran lemak, mengurangi kolesterol dan konsentrasi lemak pada tubuh. Direkomendasikan mengonsumsi teh oolong dua cangkir per hari. Seduh teh oolong selama 30 detik sampai lima menit, untuk mendapatkan manfaat maksimal.

(hst/eny)