ADVERTISEMENT

Thom Browne Digugat Adidas, Gaya Desainernya di Pengadilan Disorot

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 05 Jan 2023 15:45 WIB
Fashion designer Thom Browne, second from right, arrives at Manhattan federal court in New York, Tuesday, Jan. 3, 2023. (AP Photo/Seth Wenig) Desainer Thom Browne tiba di Pengadilan Federal Manhattan untuk menghadiri sidang yang memperkarakan gugatan adidas terhadap labelnya. (Foto: AP/Seth Wenig)
New York City -

Gugatan adidas terhadap Thom Browne atas perkara motif garis akhirnya diperkarakan di meja hijau. Di luar urusan legal, sorotan ternyata juga tertuju pada gaya desainer jenama mode high-end itu.

Persidangan digelar di Pengadilan Distrik Manhattan, New York City, pada Selasa (3/1/2023). Para pengacara dari kedua belah pihak hadir. Walau sudah diwakili kuasa hukumnya, Thom Browne memilih untuk tak absen.

Fashion designer Thom Browne, second from right, arrives at Manhattan federal court in New York, Tuesday, Jan. 3, 2023. (AP Photo/Seth Wenig)Gaya desainer Thom Browne saat menghadiri sidang adidas melawan label Thom Browne. Ia memakai kaus kaki bermotif garis putih. Persidangan tersebut memperkarakan motif garis yang muncul di koleksi Thom Browne. (Foto: AP/Seth Wenig)

Perancang sekaligus label Thom Browne itu lantas memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memberi fashion statement lewat gayanya.

Ia muncul dengan setelan bercelena pendek, salah satu look yang menjadi ciri khas Thom Browne. Tidak ketinggalan sepatu oxford hitam dengan sepasang kaus kaki hitam panjang. Sususan empat garis putih tampak menghiasi kaus kaki sebelah kiri.

Pilihan gaya tersebut langsung menjadi sorotan, baik di media massa ataupun media sosial. Bisa jadi Thom Browne sedang menyatakan kegigihannya untuk mempertahankan garis putih sebagai bagian dari desainnya.

LUSAIL CITY, QATAR - DECEMBER 18: Adidas Golden Ball winner Lionel Messi of Argentina kisses the FIFA World Cup Winner's Trophy at the award ceremony following the FIFA World Cup Qatar 2022 Final match between Argentina and France at Lusail Stadium on December 18, 2022 in Lusail City, Qatar. (Photo by Cui Nan/China News Service/VCG via Getty Images) Lionel Messi memakai jersey Argentina yang disponsori adidas di Piala Dunia 2022. Baju tersebut dihiasi motif garis yang merupakan ciri khas adidas. (Foto: Cui Nan/CNS/Getty Images)

Pada Juni 2021, adidas melayangkan gugatan terhadap Thom Browne karena diduga melakukan penjiplakan motif tiga garis adidas. Seperti dikabarkan Insider, merek olahraga asal Jerman tersebut sudah mematenkan motif tersebut setelah menggunakannya untuk pertama kali pada 1940-an.

Adapun di koleksi Thom Browne, motif garis konsisten muncul sejak merek tersebut didirikan pada 2003. Awalnya terdiri dari tiga garis yang menyerupai milik adidas. Namun untuk menghindari masalah hukum, label yang dikenal dengan garis desainnya yang dandy dan memiliki sentuhan athleisure ini menggantinya menjadi empat garis.

The Thom Browne fall 2010 collection is modeled Monday, Feb. 15, 2010, during Fashion Week in New York. (AP Photo/Diane Bondareff)Koleksi Fall 2010 Thom Browne dipresentasikan di New York Fashion Week pada Februari 2010. (Foto: AP Photo/Diane Bondareff)

Akan tetapi bagi adidas, itu tidak cukup. Kuasa hukumnya berdalih, konsumen masih sering tertukar antara produk adidas dan Thom Browne karena garis tersebut. Menurut argumen pengacara Thom Browne, keduanya tidak setara bila dibanding-bandingkan.

"Thom Browne adalah merek barang mewah buatan desainer, sementara adidas merek olahraga," katanya seperti dikutip WWD.

Merasa dirugikan, adidas menuntut bayaran sekitar US$ 8 juta atau sekitar Rp 124 miliar. Persidangan akan berlangsung selama sembilan hari ke depan sampai bulat keputusan para juri.



Simak Video "Adidas Tindak Lanjuti Klaim soal Perilaku Buruk Kanye West ke Karyawannya"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)