ADVERTISEMENT

Intimate Interview

Laksmi De Neefe Pakai Baju Phinisi di Miss Universe 2022, Ini Desainernya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 24 Des 2022 14:36 WIB
Desainer Morphacio Body Art, Ikie Morphacio dan Ayrin, yang sudah membuat busana nasional yang dipakai oleh Laksmi De Neefe di Miss Universe 2022. Laksmi De Neefe mengenakan busana nasional yang mengusung tema kapal phinisi. Foto: Andhika Prasetia/ Detikcom.
Jakarta -

Puteri Indonesia 2022, Laksmi Shari De Neefe Suardana akan mewakili Indonesia di Miss Universe 2022 yang digelar di Amerika Serikat. Ia akan menampilkan busana nasional tema kapal phinisi, karya desainer Morphacio Body Art @morphaciobodyart. Berikut kisah di balik baju phinisi yang dipakai Laksmi.

Morphacio Body Art digawangi pasangan suami istri, Ikie Morphacio dan Ayrin. Ikkie mengungkapkan awal mula terpilih menjadi desainer busana nasional untuk Laksmi.

"Jadi Yayasan Puteri Indonesia mempercayakan kepada saya ini yang ketiga kali. Dan ini Laksmi sendiri yang memilih. Jadi dia cocok, sekitar empat bulan yang lalu. Dia sudah contact lalu kita mulai pertemuan sekitar 15 Oktober 2022 dan bicarakan konsep keseluruhan," ungkap Ikie Morphacio kepada Wolipop, di Denpasar Room The Westin Hotel Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2022).

Desainer Morphacio Body Art, Ikie Morphacio dan Ayrin, yang sudah membuat busana nasional yang dipakai oleh Laksmi De Neefe di Miss Universe 2022.Desainer Morphacio Body Art, Ikie Morphacio yang sudah membuat busana nasional yang dipakai oleh Laksmi De Neefe di Miss Universe 2022. Foto: Dok. Andhika Prasetia/Detikcom.

Menurut Ikkie, Laksmi langsung excited dan memberikan konsep busana nasional sejak awal, yaitu mengusung tema kapal phinisi. "Ini request Laksmi, phinisi dan kita olah bersama. Jadi, desain ini tidak satu arah dari saya dan Laksmi punya banyak referensi soal itu. Dia punya cerita dan kisah tersendiri tentang phinisi. Ada satu visi tentang mengarungi samudera," tambah Ikkie.

Ikkie menjelaskan tentang konsep busana nasional (national costume) yang akan dibawakan oleh Laksmi di Miss Universe 2022 di Amerika Serikat. Tema kostum nasional tersebut adalah The Glory of Phinisi.

"Menceritakan tentang istilah phinisi yang sering kali kita menganggap sebagai kapal phinisi. Ternyata phinisi bukan hanya nama kapal, ini merupakan sistem layar yang menjadi role model kapal di dunia. Itu fakta yang menarik," tutur nya panjang lebar.

Laksmi De-Neefe Suardana Jelang Miss UniverseLaksmi De-Neefe Suardana Jelang Miss Universe Foto: Andhika Prasetia/ Detikcom

Busana nasional yang dibawa Laksmi ke Miss Universe 2022 tersebut terinspirasi dari semboyan Indonesia, Jalesveva Jayamahe, di Laut, Kita Menang. "Secara simbol kapan phinisi ini bisa menjadi satu harapan. Bicara Indonesia merupakan bangsa yang besar menjadi harapan dan penuh harapan untuk mengarungi samudera ketidak pastian dunia," jelasnya.

Berat Kapal Phinisi, Busana Nasional Laksmi De Neefe

Laksmi tampil bak Wonder Woman ketika mengenakan busana nasional phinisi. Sang desainer mengungkapkan bahan-bahan yang digunakannya untuk busana nasional dengan konsep kapal phinisi.

"Elemennya kita beragam, mix media. Jadi kita campurkan acrylic, ada juga sintetis, ada teknik chrome dan laser cutting dengan kita memakai rangka juga stainless dan brush untuk kuningan. Dan juga fabric-facric yang terbaik untuk national costume," jelas Ikkie.

Desainer Morphacio Body Art, Ikie Morphacio dan Ayrin, yang sudah membuat busana nasional yang dipakai oleh Laksmi De Neefe di Miss Universe 2022.Desainer Morphacio Body Art, Ikie Morphacio dan Ayrin, yang sudah membuat busana nasional yang dipakai oleh Laksmi De Neefe di Miss Universe 2022. Foto: Dok. Andhika Prasetia/Detikcom.

Proses pembuatan busana nasional Laksmi kurang lebih memakan waktu sekitar dua bulan. Produksi busana tersebut dilakukannya di Bandung dan Jakarta.

Ikkie menyebutkan total bobot busana nasional sekitar 8 kg. Menariknya meski berbobot delapan kilogram, Laksmi tidak merasa berat memakainya.

"Bagian di pundak itu paling berat yang kita sebut sebagai fantasy collar sekitar 6 kg. Tapi fun fact, dia tidak merasa berat ketika dipakai. Dia ready dan ikhlas membawanya makanya doa yang terbaik untuk Laksmi," pungkas pria yang memiliki galeri Morphacio Body Art di Jalan Muara Indah 1 no 38, Bandung, Jawa Barat.

Grand final Miss Universe 2022 akan digelar pada 14 Januari 2023 di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat. Dalam ajang tersebut, Laksmi akan bersaing dengan 72 finalis dari negara lainnya.

Laksmi merupakan Puteri Indonesia pertama yang berasal dari Provinsi Bali yang terpilih pada bulan Mei 2022 lalu. Wanita yang lahir di Melbourne pada 29 Januari 1996 ini, bertekad untuk membawa pulang gelar Miss Universe 2022 ke Indonesia.

(gaf/gaf)