ADVERTISEMENT

Sore Hari Waktu yang Pas Buat Beli Sepatu, Ini Alasannya

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 25 Nov 2022 14:29 WIB
Young beautiful girl is looking shoes in the Mall Ilustrasi wanita mencari sepatu baru (Foto: Getty Images/praetorianphoto)
Jakarta -

Berencana membeli sepatu baru dalam waktu dekat? Jika ya, pastikan kamu pergi ke toko sepatu saat menjelang sore hari.

Ini tidak ada hubungannya dengan hawa yang lebih sejuk untuk bepergian ataupun hal-hal berbau magis. Ada alasan klinis di baliknya.

Young beautiful girl is looking shoes in the MallFoto: Getty Images/praetorianphoto

Menurut dr. Langga Sintong, Sp.OT, sore hari ke atas merupakan waktu yang tepat untuk membeli sepatu. "Karena pada waktu ini, telapak kaki kita cenderung melebar. Kalau coba saat telapak mengecil, besar kemungkinan sepatu akan terasa sempit pada sore atau malam," kata dokter ahli ortopedi tersebut di acara Skechers World of Comfort di Senayan City, Kamis (24/11/2022).

Ia juga menyarankan, kita harus mencoba sepatu dalam posisi berdiri agar telapak kaki dalam posisi melebar. "Setelah itu coba pakai jalan selama 1-2 menit," tuturnya.

Memilih sepatu yang nyaman, kata dr. Langga, memang bukan perkara yang mudah. Sebelum membeli, pastikan tujuan pemakaian sepatu tersebut. Apakah untuk olahraga, atau sebagai sepatu sehari-hari.

Young beautiful girl is looking shoes in the MallFoto: Getty Images/praetorianphoto

Sepatu olahraga pun terbagi lagi menjadi berbagai jenis sesuai olahraganya, entah itu lari, basket, ataupun tenis.

Namun, hal yang tak kalah penting adalah mengenali karakter anatomi telapak kaki. Apakah itu memanjang, melebar ke samping, atau membengkok (arching). Perkembangan teknologi masa kini memungkinkan sepatu didesain sedemikian rupa untuk menyesuaikan anatomi tersebut.

Penting juga untuk dicatat, selalu prioritaskan kenyamanan. "Jangan mudah terpancing dengan tren dan model. Yang penting adalah nyaman. Kalau nyaman pasti pas, tapi kalau pas belum tentu nyaman," katanya.

Nino Priambodo, General Manager Brand Marketing PT Map Aktif Adiperkasa Tbk., menjelaskan, terdapat beberapa indikator yang menunjukkan usia sepatu agar kita tahu kapan waktunya harus mengganti sepatu lama tersebut dengan yang baru.

"Salah satunya over pronasi. Kalau bagian sol luar sudah tergerus, sepatu itu berarti sudah tidak layak dipakai. Kalau dipaksakan pun pasti tidak nyaman untuk jalan," terang Nino.



Simak Video "Sepatu Roda Lagi Viral, Apa Saja Sih Kategorinya? "
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)