Wawancara Khusus

CEO Fashion Division Jawab Tudingan Menipu Desainer RI di Paris Fashion Week

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 12 Mar 2022 11:14 WIB
Close-up of unrecognizable audience applauding at fashion show Ilustrasi Paris Fashion Week. (Foto: Getty Images For L'Oreal/Vittorio Zunino Celotto)
Jakarta -

Pendiri dan CEO Fashion Division Wulan S. Haryono menanggapi tudingan Wanda Hamidah tentang modus penipuan yang dilakukan oleh penyelenggara acara fashion desainer Indonesia di Paris baru-baru ini.

Nama Fashion Division beberapa kali disebut Wanda Hamidah saat mengkritik soal klaim desainer tampil di 'Paris Fashion Week'. Ia menduga ada pihak yang menipu desainer bahwa mereka akan menggelar fashion show di Paris Fashion Week, padahal tidak.

"Tidak ada penipuan dan desainer pun tidak ada yang merasa ditipu. Setiap meeting, kami tegaskan ke mereka bahwa acara ini off-schedule, bukan bagian dari Paris Fashion Week yang resmi. Benar-benar 100 persen tidak ada penipuan," kata Wulan saat dihubungi Wolipop, Jumat (11/3/2022).

Close-up of unrecognizable audience applauding at fashion showIlustrasi fashion show (Foto: Getty Images/iStock)

Kalaupun terbukti menipu, tambah Wulan, Fashion Division tidak akan eksis saat ini karena sudah ditindak oleh pihak berwenang di Prancis. Fashion Division, yang berdiri sejak 2015, mengklaim sebagai perusahaan resmi yang terdaftar di Prancis dan Indonesia sebagai 'fashion show production', dan tidak terafiliasi dengan pihak penyelenggara Paris Fashion Week, yakni Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM).

Wulan juga bicara tentang istilah 'on-schedule' dan 'off-schedule' di Paris Fashion Week. Menurut dia, keduanya memang bukan terminologi resmi dari FHCM. "Tapi kata tersebut sudah lumrah dipakai oleh insan fashion di sini saat PFW. Kalau ada fashion show yang sharing, orang-orang di Paris sudah tahu itu acara yang off-schedule," jelasnya.

Soal pemakaian nama 'Paris Fashion Week', Fashion Division sudah mengkonfirmasi kepada FHCM. Wulan mengatakan pihak FHCM ketika dihubungi melalui telepon memperbolehkan penggunaan 'During Paris Fashion Week', 'At Paris Fashion Week', '#Parisfashionweek', dan 'PFW'. Namun, menandai akun @parisfashionweek dan @fhcm di unggahan Instagram, atau memakai logo resmi PFW sangat dilarang keras.

"Kenapa tidak boleh tag? Karena takut blunder, bisa tertukar mana desainer yang resmi terdaftar di FHCM dan mana yang tidak," tambahnya.

Sebelumnya, Wanda Hamidah mempersoalkan Fashion Division sebagai penyelenggara acara fashion show desainer Indonesia di The Westin Paris-Vendome, pada 5-6 Maret 2022.

Bella Hadid di Paris Fashion WeekPenampilan Bella Hadid di fashion show Coperni saat Paris Fashion Week Fall 2022. (Foto: Vittorio Zunino Celotto/Getty Images)

"Jadi, Fashion Division Organizer ini adalah EO. Simply EO. Tidak terafiliasi dengan federasi penyelenggara PFW yang sesungguhnya. Harap dicatat," tulis Wulan. Ia juga mengunggah proposal acara yang disertai biaya paket senilai Rp 500 juta.

"Analisa saya: Ada yang sengaja melakukan penipuan. Sebagian besar brand-brand Indonesia yang ikut ke Paris memang berharap dan menyangka itu PFW beneran," tulis artis yang juga politikus itu.

Wulan sudah membantah lewat Instagram bahwa proposal tersebut bukan milik mereka, sekaligus mempertegas bahwa Fashion Division memang bukan bagian dari FHCM.

"Ibu @wanda_hamidah yang terhormat, sebelum share sesuatu mohon dicek terlebih dahulu karena jatuhnya bisa fitnah dan pencemaran. Ini adalah bukan deck/package kami," tulis Wulan, Rabu (9/3/2022).

Terkait tuduhannya, Wanda Hamidah mengaku mendapat informasi dari sahabatnya bahwa Wulan berencana memperkarakan hal tersebut di meja hijau. Namun, ketika dimintai konfirmasi Wolipop, Wulan mengaku belum berniat mengambil langkah hukum.

"Untuk saat ini belum ada karena menurut saya semuanya sudah clear. Saya sadar tidak bisa memuaskan setiap keinginan orang lain. Haters gonna be hate. Sekarang kami hanya ingin fokus dengan rencana ke depan demi mendukung desainer-desainer Indonesia yang ingin go international," kata Wulan, yang mengaku sudah mulai sibuk mempersiapkan proyek fashion show untuk September mendatang saat Paris Fashion Week Spring-Summer 2023.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Hati-hati! Paris Fashion Week Peringatkan soal Pencurian Identitas"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)