Gayanya Viral, Bernie Sanders Jual Sweater Fotonya yang Jadi Meme Kocak

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 23 Jan 2021 16:19 WIB
Gaya Senator Vermont, Bernie Sanders, yang memakai jaket musim dingin dan sarung tangan bermotif menjadi viral di media sosial Penampilan Bernie Sanders yang viral saat menghadiri inaugurasi Joe Biden. (Foto: AP/Saul Loeb)
Washington D.C. -

Politikus Bernie Sanders mendadak tenar setelah fotonya di inaugurasi Joe Biden menjadi bahan meme yang kocak. Ia pun memanfaatkan ketenaran tersebut untuk beramal.

Senator negara bagian Vermont ini menjadi viral berkat penampilan kasualnya saat menghadiri pelantikan Joe Biden sebagai presiden ke-46 AS di Gedung Capitol, Washington D.C., Rabu (20/1/2021).

Di tengah para tamu yang berdandan necis dan glamor, rival Joe Biden di pencalonan presiden AS dari Partai Demokrat ini hadir dengan memakai jaket parka musim dingin dan sarung tangan bermotif.

Gaya Senator Vermont, Bernie Sanders, yang memakai jaket musim dingin dan sarung tangan bermotif menjadi viral di media sosialGaya Senator Vermont, Bernie Sanders, yang memakai jaket musim dingin dan sarung tangan bermotif menjadi viral di media sosial. (Foto: Brendan Smialowski/AFP/Getty Images)

Tampil beda, gaya Bernie Sanders pun menjadi sorotan orang banyak dan berujung viral di internet. Berbagai meme kocak yang menggunakan foto pria 79 tahun itu saat sedang duduk (foto tersebut merupakan hasil bidikan fotografer kantor berita AFP Brendan Smialowski), bertebaran di media sosial.

Saking viralnya, Instagram sampai menyertakan beberapa tempelan dari foto tersebut untuk dipakai di Instagram Stories.



Melihat euforia tersebut, tim kampanye Bernie Sanders berinisiasi untuk menggalang dana dengan menjual sweater bergambar fotonya yang viral itu.

Sweater berwarna hitam yang terbuat dari bahan katun ini dihargai US$ 45 atau sekitar Rp 634 ribu. Seluruh hasil penjualan akan didonasikan untuk Meals on Wheels Vermont, sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan makanan gratis bagi warga Vermont.



Gayung bersambut, fashion item ini pun laris dibeli sampai-sampai tim Bernie meminta konsumen untuk bersabar. "Karena permintaan yang tinggi, pesanan ini baru bisa Anda terima sekitar tiga hingga enam minggu setelah pemesanan," demikian bunyi pengumuman di situs resmi kampanye Bernie Senders.

Soal meme yang viral itu, Bernie Sanders mengaku tak pernah menyangka gaya busananya bakal mendapat atensi yang begitu besar dari masyarakat. "Aku hanya duduk di sana, sambil menghangatkan dan tetap fokus pada acara," katanya di acara Late Night with Seth Meyers.

Ini bukan kali pertama gaya Bernie Sanders menjadi sebuah obyek fashion. Untuk Fall 2017, Balenciaga meluncurkan koleksi yang disebut-sebut terinspirasi oleh pria yang pernah berhadapan dengan Hillary Clinton saat pencalonan presiden AS dari Partai Demokrat di Pilpres 2016 lalu.

Balenciaga Fall 2017 Bernie SandersBalenciaga Fall/Winter 2017 (Foto: Dok. Balenciaga)

Muncul sejumlah jaket oversized yang dihiasi tulisan Balenciaga yang mirip logo kampanye Bernie Sanders kala itu.

Direktur Kreatif Balenciaga Demna Gvasalia mangatakan, sebenarnya Bernie Sanders sebenarnya bukanlah inspirasi utama untuk koleksi tersebut.

"Sebenarnya ini terinspirasi dari banyak hal... Salah satu yang ingin kami ciptakan adalah sebuah logo yang dapat memberikan visi sebuah korporasi dengan sangat jelas. Dari hasil riset saya, logo Bernie Sanders yang paling terlihat saat itu," ungkap Demna seperti dikutip Fashionista.



Simak Video "Cerita Nisya 'Gadis Berkumis' Berdamai dengan Keunikannya"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)