Ini Kostum Terfavorit yang Pernah Dipakai BTS Saat Konser

Hestianingsih - wolipop Jumat, 04 Des 2020 10:01 WIB
kostum konser bts Foto: Dok. Big Hit Entertainment
Jakarta -

Sebagai seorang performer, BTS harus tampil mengenakan kostum dengan berbagai gaya. Mulai dari busana glamor, unik, heboh hingga formal.

Dari semua busana yang pernah mereka pakai saat konser atau tampil di panggung, ada satu model pakaian yang menjadi favorit ketujuh personelnya. Busana itu tidak datang dari brand terkenal atau high-end, tapi yang memiliki akar budaya negara asal mereka, Korea Selatan.

RM, Jin, Suga, J-Hope, V, Jungkook dan Jimin kompak menyebut bahwa kostum terfavorit mereka dari semua penampilan adalah hanbok. Dalam wawancara bersama majalah Cosmopolitan Korea, mereka menyatakan sangat suka dengan busana Hanbok, yang dikenakan saat era promosi single 'Idol'.

BTSBTS Foto: Dok. Big Hit Entertainment

Saat ditanya kostum yang paling disukai selama konser, leader BTS, RM menjawab, "Hanbok sangat nyaman dipakai."

Suga pun menimpali, "Bagaimana aku harus bilangnya ya... sebagai busana tradisional Korea, hanbok sangat mengagumkan. Meskipun dipadu-padankan dengan setelan jas, tetap terlihat bagus."

Jungkook menambahkan dengan nada setuju, "Budaya Korea."

Pernyataan mereka diunggah lewat channel YouTube Cosmopolitan Korea pada 1 Desember 2020, di tengah polemik baju Hanbok yang disebut China sebagai busana tradisional mereka. Seperti dilansir All K Pop, baru-baru ini Negeri Tirai Bambu mengklaim bahwa Hanbok adalah busana tradisional China.

Mereka juga menyatakan bahwa Hanbok aslinya adalah Hanfu, busana tradisional bangsa Han Tionghoa yang berasal dari Tiongkok, pada era Dinasti Ming.

BTSBTS Foto: Dok. Big Hit Entertainment

Wanita dan pria mengenakan Hanfu sebagai busana luaran. Hanfu terdiri dari jubah dan kemeja yang dipadukan dengan rok lipit lebar. Tak hanya Hanbok, netizen China juga mengklaim bahwa Kimchi, makanan khas Korea Selatan, juga sebenarnya berasal dari Tiongkok.

Klaim ini tentu saja membuat netizen Korea meradang. Mereka pun mendorong BTS agar terus mempromosikan budaya Negeri Ginseng lewat penampilan maupun karya.

"BTS memakai Hanbok dengan sangat bagus, tolong diteruskan ya," komentar netizen.

"Saya harap Hanbok dari Korea bisa dikenal lebih luas lagi sebagaimana Kimono Jepang," tulis netizen.

(hst/ami)