Tips Memilih Running Shoes yang Pas dan Nyaman

Reyhan Diandri Ghivarianto - wolipop Kamis, 20 Agu 2020 21:12 WIB
Young women helping their friend to choose sports footwear comparing the soles of new and old shoes in fashion showroom. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Setiap orang memiliki bentuk dan ukuran telapak kaki yang berbeda-berbeda. Untuk itu memilih jenis sepatu di kondisi tertentu sangat perlu diperhatikan. Untuk yang doyan olahraga jogging atau berlari misalnya, sepatu lari atau running shoes harus disesuaikan dengan beberapa kriteria. Hal itu guna membuat kaki terasa nyaman saat digunakan dalam kondisi berlari.

Buat yang masih belum tahu bagaimana cara memilihnya, bisa melihat beberapa tips dalam memilih sepatu running berikut ini yang dilansir dari laman instructables.

Pahami Pronasi Kaki

Pronasi merupakan gerakan rotasi alami yang dilakukan oleh kaki saat melangkah. Terdapat tiga jenis pronasi yaitu overpronasi, supinasi, dan netral. Pronasi netral merupakan gerakan paling sehat untuk kaki, sedangkan kedua pronasi lainnya akan membuat kaki lebih rentan terkena cedera.

Pronasi juga berhubungan erat dengan jenis telapak kaki, oleh karena itu jika ingin membeli sepatu carilah yang disesuaikan dengan pronasi alami kaki untuk menghindari cedera saat berlari.

Kenali Jenis Telapak Kaki

Jenis telapak kaki berpengaruh juga terhadap pronasi yang dialami dan nantinya berpengaruh kepada kenyamanan saat digunakan. Terdapat tiga jenis kaki yaitu low arch, normal, dan high arch.

  • Jenis kaki normal memiliki lengkungan telapak kaki yang rata sehingga dapat menyebarkan tekanan yang lebih baik saat melangkah di permukaan.
  • Jenis kaki low arch berarti telapak kaki tidak mempunyai lengkungan sama sekali, atau datar sehingga kaki cepat merasa kelelahan.
  • Jenis kaki high arch memiliki lengkungan yang tinggi sehingga kaki mudah terasa sakit ketika berlari.

Agar lebih nyaman saat berlari, pilihlah sepatu lari yang sesuai dengan tipe kaki.

Pilih Bentuk Sepatu yang Sesuai

Terdapat beberapa bentuk sepatu yang bisa dipilih untuk menyesuaikan pronasi dan jenis kaki.

  • Motion Control Shoes mempunyai bentuk lebih lebar di bagian bawahnya. Sepatu ini memberikan kontrol terhadap rotasi sehingga nyaman untuk jenis kaki low arch dan kaki yang overpronasi.
  • Stability Shoes mempunyai bentuk sedikit melengkung. Bagi orang dengan jenis kaki normal dan pronasi netral, bentuk sepatu ini dapat memberikan kenyaman lebih.
  • Neutral Cushioning Shoes mempunyai bentuk bagian bawah yang lebih melengkung daripada bentuk lainnya. Sepatu ini cocok bagi jenis kaki high arch dan kaki yang supinasi.

Sesuaikan dengan Budget

Dalam memilih sepatu tentunya harus juga disesuaikan dengan dana yang ada. Beberapa merek sepatu menawarkan harga ekonomis namun kualitasnya kurang baik. Jika ingin kaki lebih aman dari cedera dan juga nyaman, ada baiknya untuk membeli sepatu dengan kualitas mid-range.

Jika memang dana masih belum cukup, jangan khawatir! Aplikasi Grab menawarkan paket voucher diskon buat belanja keperluan running shoes melalui Paket Basmi Bosan. Cukup dengan membayar Rp 50 ribu kamu sudah bisa mendapatkan voucher paket senilai Rp 370 ribu untuk belanja sepatu dan kebutuhan lainnya sepuasnya.

(prf/eny)