Bisnis Baju Lebaran

Barli Asmara Ungkap Alasan Baju Lebaran Tetap Laku Meski Ada Pandemi

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 10 Mei 2020 14:34 WIB
Koleksi Baju Lebaran 2020 dari Barli Asmara Koleksi Baju Lebaran 2020 dari Barli Asmara. (Foto: Dok. Barli Asmara)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 ternyata tak menyurutkan minat masyarakat untuk tampil istimewa saat perayaan Idul Fitri. Buktinya, penjualan baju Lebaran tetap laris manis tahun ini.

Seperti yang dialami oleh desainer Barli Asmara. Menjelang Ramadhan 2020, Barli Asmara meluncurkan koleksi baju Lebaran bertajuk Nalini - Raya 2020.

Tak dimungkiri oleh Barli Asmara, sempat muncul rasa khawatir soal respons konsumen. Pikirnya, penjualan akan mengalami penurunan akibat dampak pandemi COVID-19 terhadap roda perekonomian.

Koleksi Baju Lebaran 2020 dari Barli AsmaraKoleksi Baju Lebaran 2020 dari Barli Asmara (Foto: Dok. Barli Asmara)


Di sisi lain, mengubah jadwal peluncuran bukanlah pilihan bagi Barli. "Timeline bisnis yang telah dirancang tak bisa diganggu gugat. Belajar dari pengalaman, punya timeline adalah sebuah investasi yang penting. Maka itu, saya dan tim berkomitmen untuk mematuhinya," ujar Barli kepada Wolipop detikcom baru-baru ini.

Koleksi yang berada di bawah naungan lini BARLIASMARA PRET A PORTER tersebut dijual secara online, baik di situs Barli Asmara maupun e-commerce atau reseller rekanan.

Sempat was-was, Barli pun kaget ketika menyadari koleksi baju Lebaran rancangannya tetap laris manis.

Ia mengetahui hal tersebut setelah menelpon beberapa pembelinya. Sudah menjadi rutinitas Barli Asmara belakangan ini untuk menghubungi langsung pembelinya demi mendapatkan feedback langsung sekaligus mempererat tali silaturahmi.

Koleksi Baju Lebaran 2020 dari Barli AsmaraKoleksi Baju Lebaran 2020 dari Barli Asmara (Foto: Dok. Barli Asmara)



"Bagi mereka, selebrasi di Hari Raya sangat penting meski hanya di rumah. Mereka bilang, tetap ingin punya baju baru untuk dipakai saat foto-foto," ungkap desainer anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) itu.

Banyak konsumen, lanjut Barli, membeli 10 potong dalam sekali transaksi. Beberapa di antara mereka mengaku mau memberikan pakaian tersebut untuk anggota keluarga atau kerabat.

Artikel bernama Azalea menjadi salah satu best seller di koleksi ini. Hadir dalam siluet dress panjang, busana ini terbuat dari kombinasi material tulle, organza dan lace yang menciptakan kesan feminin dan romantis. Azalea dijual seharga Rp 1,1 jutaan.

Koleksi Baju Lebaran 2020 dari Barli AsmaraKoleksi Baju Lebaran 2020 dari Barli Asmara Foto: Dok. Barli Asmara


Dalam setahun, Barli meluncurkan empat koleksi. Adapun Nalini yang sudah disiapkan sejak September 2019 lalu merupakan koleksi kedua Barli untuk tahun ini. Untuk empat koleksi tersebut, target produksi mencapai 3.500 potong busana. "Alhamdulillah, sekarang sudah 2.700 yang terjual," kata pria kelahiran 3 Maret 1978 di Bandung, Jawa Barat, itu.

Sebelumnya, Barli sempat meluncurkan beberapa koleksi buah kolaborasinya dengan influencer Dwi Handayani dan Hamidah Rachmayanti yang sudah terjual habis di pasaran. Saat ini, proses produksi koleksi berikutnya sedang berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

"Tadinya produksi ingin diliburkan dulu karena pandemi, tapi penjahit dan semua orang yang terlibat menolak karena ingin tetap mendapat penghasilan, apalagi mau Lebaran. Maka, produksi tetap berlanjut tentunya dengan standar keamanan PSBB," kata Barli yang kini fokus menggarap busana ready to wear ketimbang adibusana atau made to order.



Simak Video "Tips Memadu Padankan Batik untuk Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)