Apakah Virus Corona Bisa Hidup dan Disebarkan dari Sepatu?

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 27 Mar 2020 11:07 WIB
stinky hiking boot.Process of cleaning shoes Apakah virus corona dapat tersebar lewat sepatu? (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat ini di tengah maraknya pandemi Corona, kita semua pasti sudah tahu bahwa menjaga kebersihan adalah hal yang cukup penting untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19 atau virus Corona. Mulai dari kebersihan tangan hingga apa yang kita sentuh dan kenakan, seperti pakaian dan sepatu. Tapi apakah sebenarnya virus Corona dapat tinggal di sepatu yang kita gunakan dan menyebarkannya ke rumah dan keluarga kita?

Seperti yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya (bisa dibaca di sini), virus Corona memang bisa hidup di permukaan selama beberapa hari. Tapi menurut spesialis kesehatan masyarakat, Carol Winner, saat ini tidak ada bukti bahwa virus Corona dapat masuk dan berpindah ke dalam rumah melalui sepatu.

"Tidak ada bukti untuk mengatakan bahwa virus Corona masuk ke dalam rumah dari sepatu. Secara pragmatis, mereka berada di bagian tubuh yang paling jauh dari wajah kita, dan kita tahu bahwa risiko penularan terbesar adalah orang ke orang, bukan sepatu ke orang," katanya kepada HuffPost.



Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menemukan bahwa virus dapat hidup di atas permukaan kardus selama 24 jam dan di stainless steel serta plastik selama dua hingga tiga hari. Dan menurut pakar kesehatan CEO of Kind Health Group Georgine Nanos, sepatu bisa berpotensi menjadi sumber kontaminasi, terutama jika di kita datang ke kawasan yang ramai seperti di supermarket, angkutan umum, tempat kerja, dan lainnya.

"Sampai hari ini, kami percaya virus Corona dapat hidup di permukaan hingga 12 jam, berpotensi lebih lama. Dan ini pasti termasuk sepatu," kata Nanos.

Spesialis penyakit menular, Mary E. Schmidt bahkan mengatakan waktu sebenarnya untuk virus dapat hidup di permukaan adalah lima hari atau lebih. Sepatu menjadi salah satu benda yang dapat terkontaminasi oleh virus dan bakteri karena cairan mengandung virus Corona mungkin saja jatuh dan menempel di sepatu. Bahan sintetis seperti spandex dan plastik dapat membantu virus untuk hidup selama beberapa hari.

Namun dibandingkan dengan bagian atas sepatu, bagian sol sepatulah yang justru lebih banyak menyimpan virus dan bakteri. Sol sepatu biasanya terbuat dari bahan tidak berpori seperti karet, kulit, dan senyawa PVC. Dan menurut penelitian yang diterbitkan oleh Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi dan profesor di University of Arizona, bahan-bahan tersebut berpotensi besar untuk membawa bakteri tingkat tinggi.

Penelitian pada 2008 itu menunjukkan bahwa sol sepatu rata-rata ditutupi oleh 421 ribu virus, bakteri, dan parasit. Namun kamu tidak perlu khawatir, selama melakukan berbagai pencegahan, penyebaran virus corona bisa dihindari. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona melalui sepatu:

1. Jangan Gunakan Sepatu Kotor di Dalam Rumah

Apakah Virus Corona Bisa Hidup dan Disebarkan dari Sepatu?Foto: iStockphoto

Jika kamu masih diharuskan untuk pergi bekerja maka jangan menggunakan sepatu kotor yang telah kamu pakai untuk masuk ke dalam rumah. Sebelum masuk ke dalam rumah segera lepaskan sepatu dan kaus kaki yang kamu pakai lalu menggantinya dengan sendal bersih yang memang khusus untuk dipakai di dalam rumah.

"Saya merekomendasikan memiliki sepasang sepatu khusus untuk pergi dan kemudian sepasang alas kaki bersih untuk diganti sebelum memasuki rumah," kata dokter gawat darurat, Cwanza Pinckney.


2. Rutin Membersihkan Sepatu dengan Cairan Disinfektan

Apakah Virus Corona Bisa Hidup dan Disebarkan dari Sepatu?Foto: iStockphoto

Nanos menyarankan untuk rutin membersihkan sepatu kerja yang kamu gunakan dengan kain yang sudah disemprot cairan disinfektan. Lebih bagus lagi jika kamu mencuci seluruh bagian sepatu menggunakan mesin cuci atau dengan air panas dan sabun.

"Menyeka sepatumu mungkin paling efektif saat menggunakan cairan berbasis alkohol. Kamu juga dapat mencuci sepatu dengan siklus pendek di mesin cuci, dan menggunakan sabun dan air panas jika kamu tidak memiliki hal lain untuk digunakan," kata Nanos.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan cairan disinfektan untuk membunuh virus dan kuman yang ada di sepatumu. Namun jangan menggunakannya pada sepatu yang berbahan alami, seperti kulit, karena cairan tersebut justru dapat merusak lapisan sepatumu. Perlu diingat bahwa virus berbeda dari bakteri sehingga penting untuk menggunakan produk pembersih dan disinfektan yang tepat.



3. Letakkan Sepatu di Tempat yang Tidak Terjangkau Anak-anak

Apakah Virus Corona Bisa Hidup dan Disebarkan dari Sepatu?Foto: iStockphoto

Anak-anak, terutama anak kecil seringkali memasukkan tangannya ke dalam mulut. Itulah mengapa jika kamu memiliki anak kecil maka kamu harus memberikan perhatian ekstra. Usahakan agar sang anak selalu melepas sepatu setelah sampai di rumah dan meminimalisir kontak dengan sepatu menggunakan tangan. Selain itu pastikan sang anak selalu mencuci tangan setelah sampai di rumah.

"Kamu harus menyembunyikan sepatu dari anak-anak kecil untuk memastikan mereka tidak menyentuhnya. Ajari mereka untuk tidak menyentuh sepatu kecuali sepatu itu adalah sepatu bersih yang ada di dalam rumah, karena sepatu adalah benda paling kotor yang kita miliki di rumah kita, selain toilet," kata Schmidt.

4. Cuci Tangan Setibanya di Rumah

Apakah Virus Corona Bisa Hidup dan Disebarkan dari Sepatu?Foto: thinkstock

Cara mencegah infeksi Corona yang terpenting adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama saat menyentuh benda-benda yang kotor, seperti sepatu. Jangan pernah menyentuh wajah dengan tangan kotor.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi Covid-19 dari sepatu. Namun kamu tidak perlu takut karena seperti yang telah dikatakan di atas sebelumnya bahwa hingga saat ini belum ada bukti yang mengatakan bahwa sepatu bisa membantu penyebaran virus Corona. Yang terpenting adalah selalu menjalankan instruksi pencegahan Corona dengan tepat.



Simak Video "Yuk Intip Proses Pembuatan Sepatu Rajut Lokal!"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)