Louis Vuitton Hingga Gucci Ramai-ramai Sumbang Miliaran Rupiah Lawan Corona

Hestianingsih - wolipop Jumat, 13 Mar 2020 09:44 WIB
MILAN, ITALY - JUNE 16:  Designer Domenico Dolce and Stefano Gabbana acknowledge the applause of the audience at the Dolce & Gabbana Naked King Secret Show show during Milan Mens Fashion Week Spring/Summer 2019 on June 16, 2018 in Milan, Italy.  (Photo by Andreas Rentz/Getty Images) Salah satu koleksi Dolce & Gabbana ditampilkan di fashion show. Foto: REUTERS/Tony Gentile
Jakarta -

Industri fashion jadi salah satu sektor yang terkena dampak dari mewabahnya virus Corona COVID-19 di berbagai negara. Sejumlah pekan mode ditunda bahkan ada yang dibatalkan.

Italia, sebagai salah satu negara mode penghasil brand dan desainer ternama dunia, juga terpaksa mengambil kebijakan untuk menutup sejumlah toko demi mencegah penularan COVID-19. Seperti diketahui, Italia merupakan negara di Eropa yang paling terkena dampak dari virus Corona.

Seperti dikutip dari Business Insider, pemerintah Italia melaporkan ada 15.113 kasus positif virus Corona dan 1.016 meninggal dunia. Begitu pula Prancis, yang juga tempat lahirnya brand fashion besar seperti Louis Vuitton dan Hermes, juga terserang virus Corona.


Prancis mencatat ada 2.876 kasus positif virus Corona dengan 61 kematian. Sementara 12 pasien virus Corona dinyatakan sembuh.

Di tengah tantangan bisnis fashion yang ikut terkena imbas virus Corona, sejumlah brand ternama memutuskan menyisihkan sebagian penghasilan mereka, untuk membantu melawan wabah yang pada Kamis (12/3/2020) ditetapkan WHO sebagai pandemi ini. Louis Vuitton sampai Giorgio Armani beramai-ramai memberikan donasi miliaran rupiah.

Berikut ini daftar desainer, brand dan perusahaan fashion yang menyumbangkan hartanya demi melawan virus Corona.

1. LVMH

Louis Vuitton Hingga Gucci Ramai-ramai Sumbang Miliaran Rupiah Lawan CoronaFoto: internet


LVMH, perusahaan yang memayungi Louis Vuitton, Dior, Fendi dan Givenchy, memberikan dana sebesar Rp 33,7 miliar kepada Komunitas Palang Merah di China pada Januari 2020. Seperti diberitakan WWD, LVMH juga akan menyediakan pasokan perlengkapan medis.

2. Richemont Group

Louis Vuitton Hingga Gucci Ramai-ramai Sumbang Miliaran Rupiah Lawan CoronaFoto: Getty Images


Richemont Group merupakan perusahaan yang menaungi brand Cartier, Van Cleef & Arpels dan Chloe. Perusahaan berbasis di Swiss ini mendonasikan Rp 21,1 miliar untuk mereka yang berada di garda depan melawan penyebaran COVID-19.


3. Giorgio Armani

Louis Vuitton Hingga Gucci Ramai-ramai Sumbang Miliaran Rupiah Lawan CoronaFoto: Pascal Le Segretain/Getty Images


Desainer Giorgio Armani memberikan dana sebesar Rp 20,6 miliar yang disalurkan ke berbagai rumah sakit dan institusi di Italia.

4. Kering

Louis Vuitton Hingga Gucci Ramai-ramai Sumbang Miliaran Rupiah Lawan CoronaFoto: Dok. Getty Images


Perusahaan Kering yang membawahi Gucci, Yves Saint Lauren dan Alexander McQueen mendonasikan Rp 15,8 miliar ke organisasi Palang Merah China.

5. Hermes

Louis Vuitton Hingga Gucci Ramai-ramai Sumbang Miliaran Rupiah Lawan CoronaFoto: AFP


Brand asal Prancis Hermes mendonasikan Rp 10,5 miliar kepada Soong China Ling Foundation. Sebuah yayasan yang membantu para pekerja medis profesional yang sedang berjuang melawan virus Corona di China.


6. Versace

Louis Vuitton Hingga Gucci Ramai-ramai Sumbang Miliaran Rupiah Lawan CoronaFoto: Ari Saputra


Versace menyumbangkan dana Rp 2,1 miliar kepada Palang Merah China untuk membantu menyokong biaya pengadaan suplai peralatan medis yang sudah menipis.

7. Bvlgari

Louis Vuitton Hingga Gucci Ramai-ramai Sumbang Miliaran Rupiah Lawan CoronaFoto: Instagram/@kitty.spencer


Rumah mode Bvlgari mendonasikan uang untuk dedpartemen penelitian Istituto Lazzaro Spallanzani yang berlokasi di Roma, Italia. Institusi tersebut mengerahkan tim medisnya yang berhasil mengidolasi DNA dari COVID-19 dan kini sedang berusaha menemukan cara terbaik untuk mencegah dan melawan virus. Tidak disebutkan nominal yang diberikan Bvlgari untuk proyek penelitian tersebut.

8. Dolce & Gabbana

Louis Vuitton Hingga Gucci Ramai-ramai Sumbang Miliaran Rupiah Lawan CoronaFoto: Dolce & Gabbana


Duo desainer dan brand Dolce & Gabbana mengumumkan bahwa mereka akan membantu menyokong dana untuk penelitian yang kini sedang dilakukan para profesor di Humanitas University, Italia. Penelitian berfokus pada penemuan solusi untuk membantu melawan virus Corona. Jumlah donasinya juga tidak disebutkan.



Simak Video "Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)