Chanel Pamer Koleksi Terbaru, Catwalk Digarap Sutradara Pemenang Oscar

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 05 Des 2019 17:48 WIB
Desainer Chanel Virginie Viard saat finale koleksi Metiers dArt 2019-2020. (Foto: AP Photo/Francois Mori) Desainer Chanel Virginie Viard saat finale koleksi Metiers d'Art 2019-2020. (Foto: AP Photo/Francois Mori)

Paris - Fashion show Chanel selalu identik dengan konsep catwalk yang unik dan megah (masih ingat panggung yang dibuat seperti stasiun peluncuran roket? atau pantai 'Chanel' dengan hamparan pasir putih berikut air laut asli?). Bahkan sepeninggalan desainer ikonisnya, Karl Lagerfeld, ciri khas tersebut tetap terjaga.

Kemarin, Rabu (4/12/2019), Chanel mempersembahkan koleksi terbarunya, Metiers d'Art 2019-2020, di Grand Palais, Paris, Prancis. Berbeda dari koleksi Chanel yang biasa dipresentasikan di dalam kalender mode konvensional (Spring-Summer atau Fall-Winter), Metiers d'Art merayakan karya para artisan Chanel, mulai dari seniman bordir, pembuat bulu hingga sepatu. Karl pertama kali menggelarnya pada 2002.


Chanel Pamer Koleksi Terbaru, Catwalk Digarap Sutradara Pemenang OscarKarl Lagerfeld didampingi Virginie Viard muncul saat finale fashion show Metiers d'Art yang digelar di Metropolitan Museum of Art, New York City, AS, tahun lalu. Peragaan tersebut menjadi yang terakhir bagi Karl sebelum meninggal pada Februari 2019. (Foto: Dia Dipasupil/Getty Images)

Fashion show Metiers d'Art yang bertema Mesir di Metropolitan Museum of Art, New York City, AS, tahun lalu, menjadi momen terakhir Karl muncul di catwalk. Kali ini, Virginie Viard, sang penerus Karl, untuk pertama kalinya menangani Metiers d'art tanpa kehadiran sang mentor.

Maka untuk menandai momen tersebut, desainer yang telah menjadi tangan kanan Karl selama 30 tahun ini menggandeng sutradara kenamaan Sofia Coppola. Ia pernah memenangkan Oscar untuk kategori Best Writing, Original Screenplay (film 'Lost in Translation') di Academy Awards 2003.


Chanel Pamer Koleksi Terbaru, Catwalk Digarap Sutradara Pemenang OscarSutradara Sofia Coppola saat sesi photo-call di fashion show Chanel Metiers d'Art 2019-2020. (Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images)

Kolaborasi tersebut mewujud dalam bentuk panggung catwalk yang dibuat menyerupai apartemen pendiri Chanel, Gabrielle 'Coco' Chanel. Beralamatkan 31 Rue Cambon, Paris, hunian tersebut sarat akan nilai sejarah. Di situlah Coco Chanel menggelar fashion show pertamanya sekitar seabad silam.

Para model muncul dari atas dan menuruni tangga besar berkelok dengan dinding yang dilapisi cermin. Di apartemen aslinya, cermin di tangga membantu Coco Chanel mengamati modelnya dari sudut yang berbeda.

Chanel Pamer Koleksi Terbaru, Catwalk Digarap Sutradara Pemenang Oscar(Foto: AP Photo/Francois Mori)


"Saya memikirkan tentang tangga itu pertama kali. Saya berimajinasi seorang perempuan turun dari tangga itu. Dia akan pakai gaun apa? Bagaimana sepatunya?" kata Virginie Viard seperti dikutip Guardian.

Lalu lampu kristal dengan aksen keunguan menggantung di sepanjang catwalk, menyumbangkan kesan glamor di fashion show tersebut. Sebanyak 70-an tampilan busana atau look disajikan. Didominasi palet hitam-putih, koleksi Metiers d'Art dihiasi motif atau ornamen yang meresonansikan kejayaan apartemen tersebut.



Chanel Pamer Koleksi Terbaru, Catwalk Digarap Sutradara Pemenang Oscar(Foto: AP Photo/Francois Mori)

Muncul model dalam balutan sweater putih yang dihiasi embellishment dalam tulisan 'Chanel 31 Rue Cambon'. Busana berbahan tweed khas Chanel juga tetap menjadi primadona, tapi kali ini dalam potongan yang lebih kekinian.

Di tengah maraknya busana berpalet monokrom yang gelap, busana dalam sentuhan permainan warna ala era 80-an juga dihadirkan. "Siluetnya sedikit berbeda. Sekarang lebih natural, sebagaimana kepribadian Virgine," puji Bruno Pavlovsky, presiden Chanel untuk departemen fashion.

Chanel Pamer Koleksi Terbaru, Catwalk Digarap Sutradara Pemenang Oscar(Foto: AP Photo/Francois Mori)

Di jajaran aksesori, hadir variasi dalam ukuran mini sesuai tren yang sedang digandrungi belakangan ini. Dari tas quilted khas Chanel sampai kalung dengan liontin berbentuk botol parfum seperti yang dipakai Kaia Gerber, semuanya serba mungil. Ada pula tas berbentuk sangkar burung yang unik.

Chanel Pamer Koleksi Terbaru, Catwalk Digarap Sutradara Pemenang OscarKaia Gerber di catwalk koleksi Chanel Metiers d'Art 2019-2020. (Foto: Francois Durand/Getty Images)

Bisa jadi, ini pergelaran Chanel yang terakhir di Grand Palais setelah bertahun-tahun. Bangunan bersejarah tersebut akan direnovasi tahun depan sebagai persiapan Paris menjadi tuan rumah Olimpiade 2024. Sajian Metiers d'Art Chanel kali ini seakan menjadi penutup manis. "Sebuah peragaan yang sangat luar biasa," kata aktris Penelope Cruz.

Chanel Pamer Koleksi Terbaru, Catwalk Digarap Sutradara Pemenang OscarPenelope Cruz di fashion show Chanel Metiers d'Art 2019-2020. (Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images)





Simak Video "Bombastis! Botol Minum Chanel Dibanderol Rp 78,2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)