Ridwan Kamil Pamer Batik Modern Buatannya Sendiri, Ada yang Ala Iron Man

Mukhlis Dinillah - wolipop Rabu, 02 Okt 2019 13:44 WIB
Ridwan Kamil memakai batik yang didesainnya sendiri. Foto: baban/detikcom Ridwan Kamil memakai batik yang didesainnya sendiri. Foto: baban/detikcom

Jakarta - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengajak masyarakat Indonesia melestarikan batik yang berstatus warisan budaya dunia. Pelestarian itu tidak hanya dengan kebiasaan mengenakan batik saja melainkan mengembangkannya desainnya.

"Salah satu kebanggaan di dunia internasional kita yang terkenal itu batik. Jadi harus diperbanyak (desainnya dan jenisnya)," kata RK dalam memperingati Hari Batik Nasional di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (2/10/2019).

Ia mengaku sudah mengaplikasikan pelestarian batik melalui pengembangan desain. Sejauh ini ada empat desain yang dibuatnya di antaranya Garuda Kujang Kencana dan Iron Man.


[Gambas:Instagram]



"Ini batik yang saya desain sendiri Garuda Kujang Kencana. Saya sudah banyak desain batik, ada batik Iron Man laku di online, ini buat formal karena mau ke acara Swedia sesuai warna benderanya," jelas RK sambil menunjukan batik yang dikenakannya.

Menurut RK dengan desain batik yang semakin beragam bisa mengenalkan budaya asli Indonesia lebih luas lagi. Ia mencontohkan negara bagian di Amerika Serikat, Hawaii yang menurutnya sudah terkenal akan 'batik' Hawaii. Saat turis berkunjung ke Hawaii pasti mereka mengenakan baju khas Hawaii tersebut.

[Gambas:Instagram]



"Kalau ke Indonesia, di beberapa acara khusus yang paling mudah dan murah ya batik," katanya.

Manatan walikota Bandung itu pun menyarankan kepada siapapun yang jago mendesain untuk ikut menggaungkan batik dengan membuat desain batik baru.

"Poinnya kita lestarikan tidak hanya memakai tapi bagi mereka yang bisa mendesain mencipta seperti saya kita ramaikan karena batas dari imajinasi batik ada pada imajinasi kita. Semakin kita berimajinasi polanya tidak terhingga," tutur RK.





Simak Video "Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Asyik Membatik di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)