Hari Batik Nasional

7 Batik Modern yang Terinspirasi dari Budaya Nusantara

Lusiana Mustinda - wolipop Rabu, 02 Okt 2019 13:31 WIB
Batik modern asli Nusantara. Foto: iStock Batik modern asli Nusantara. Foto: iStock

Jakarta - Rabu 2 Oktober menjadi hari Batik Nasional. Banyak pekerja yang mengenakan batik modern dari berbagai daerah di Indonesia. Apa saja motif dari batiknya?

Jenis-jenis batik di Indonesia sangatlah beragam. Selain batik tradisional, ada juga batik modern yang memiliki ciri khas unik. Batik modern adalah batik yang susunan motifnya tidak terikat oleh suatu aturan dan dengan isen-isen tertentu atau batik yang memiliki motif bersifat bebas dan tidak terikat.


Batik modern 2019 dari Nusantara tidak hanya berasal dari Jawa tetapi juga Madura hingga Bali. Berikut gambar batik modern yang cantik:

1. Batik Papua

Batik modern dari Papua.Batik modern dari Papua. Foto: iStock

Batik modern tidak hanya terbatas pada warna cokelat, hitam dan putih saja tetapi juga warna ungu, biru hingga oranye. Ciri khas batik Papua ialah mengkombinasikan warna yang cerah dengan motif etnik Papua yang asimetris.

Motif dengan sentuhan unsur alam dan budaya masyarakat Papua jadi ciri khasnya. Terutama burung cendrawasih, kadal serta buaya dengan warna-warna cerah.

2. Batik Bali

Batik modern khas Bali.Batik modern khas Bali. Foto: iStock

Tren baju batik modern mulai terasa sejak adanya pengakuan UNESCO di tahun 2009 bahwa batik merupakan budaya asli bangsa Indonesia. Kain batik Bali terbilang cukup unik. Ciri khasnya adalah adanya lambang-lambang daerah seperti burung bangau, naga, kura-kura dan rusa.

Beberapa motifnya juga ada yang terinspirasi dari apa yang dikenal oleh masyarakat Bali seperti barong.

3. Batik Madura

7 Batik Modern yang Terinspirasi dari Budaya NusantaraBatik modern khas Madura. Foto: iStock

Ciri khas dari batik modern Madura terletak dari warna dan motifnya. Selain dikenal dengan motif warna yang berani, batik Madura juga sering memadukan warna hitam dengan warna-warna cerah.

Ragam motifnya juga terinspirasi oleh lingkungan alam seperti motif tumbuh-tumbuhan.

4. Batik Cirebon

Batik modern dari Cirebon.Batik modern dari Cirebon. Foto: iStock

Batik Cirebon umumnya memiliki 2 jenis motif yaitu motif keraton dan motif pesisiran. Motif keraton biasanya diambil dari ornamen-ornamen keraton dan warnanya cenderung sogan dan babar mas.

Kalau pesisiran mengandung unsur tanaman dan hewan dari darat ataupun laut dan biasanya corak warnanya lebih terang.

5. Motif Batik Pekalongan

7 Batik Modern yang Terinspirasi dari Budaya NusantaraBatik modern Pekalongan dengan garis dan titik. Foto: iStock

Batik modern pria cocok mengenakan motif ini. Ciri khas dari motif Pekalongan adalah warnanya yang didominasi dengan warna-warni pesisir seperti merah, hijau serta biru. Kebanyakan memiliki corak ornamen garis dan titik. Dan ada juga yang menggunakan motif fauna mirip dengan Solo serta Jogja.

6. Batik Betawi

Batik modern corak Betawi.Batik modern corak Betawi. Foto: iStock

Gambar batik modern ini jadi salah satu batik Betawi yang bisa jadi pilihan. Batik Betawi biasanya memiliki corak yang terang. Tentu terdapat unsur akulturasi budaya China, Arab dan India.

7. Batik Malang

Batik modern wanita yang satu ini memiliki motif cantik. Salah satu motif yang paling diminati dari batik Malang ialah bunga teratai. Motif batik Malang yang terkenal adalah dele kecer, sawat kembang pring, kucewaran, kembangan kopi, teratai singo, celaket, kembang juwet hingga kembang tanjung.



Simak Video "Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Asyik Membatik di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)