Fakta-fakta Forever 21, Retailer Raksasa yang Baru Mengumumkan Bangkrut

Hestianingsih - wolipop Senin, 30 Sep 2019 17:16 WIB
Salah satu toko Forever 21. Foto: Brian Kersey/Getty Images
Jakarta - Forever 21 mengumumkan pengakuan bangkrut setelah berdiri selama 35 tahun dan akan menutup ratusan toko yang tersebar di berbagai wilayah Amerika Serikat. Pernah berjaya sebagai salah satu retailer fashion terbesar, ini fakta-fakta brand besutan Do Won Chang dan Jin Sook Chang tersebut.

1. Dimulai dari Toko Kecil
Toko pertama dibuka pada 1984 di Highland Park, Los Angeles. Saat didirikan pertama kali, luas toko hanya 83,6 meter per segi. Awalnya namanya bukanlah Forever 21, melainkan Fashion 21.

2. Retailer Terbesar Kelima di AS
Forever 21 merupakan retailer terbesar kelima di Amerika Serikat. Pada 2016, brand yang berdiri sejak 16 April 1984 ini juga jadi salah satu pencarian terbanyak Google di kategori fashion.


Fakta-fakta Forever 21, Retailer Raksasa yang Baru Mengumumkan BangkrutFoto: Brian Kersey/Getty Images

3. Bisnis Keluarga
Retailer fashion ini awalnya adalah bisnis keluarga. Didirikan oleh sepasang suami-istri Do Won Chang dan Jin Sook Chang. Mereka hijrah dari Korea Selatan ke Amerika Serikat dan menjalankan bisnis pakaian. Lalu pada 2009, dua putri mereka ikut menjalankan bisnis di bagian marketing fan visual. Ayah mereka sendiri, Do Won Chang, menjabat sebagai CEO.

4. Koleksi Plus Size
Pada 2009, Forever 21 meluncurkan koleksi busana plus size untuk konsumen wanita bertubuh besar. Lini busana itu sebelumnya diberi nama Faith 21, namun diganti menjadi Forever 21+.
Fakta-fakta Forever 21, Retailer Raksasa yang Baru Mengumumkan BangkrutFoto: Brian Kersey/Getty Images

5. Total Memiliki 623 Toko
Di Amerika Serikat sendiri saja, Forever 21 memiliki 499 toko. Total toko yang mereka punya saat ini 623 dan tersebar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

6. Kasus Pelanggaran Hak Cipta
Di tengah kejayaannya --sebelum mengumumkan bangkrut-- Forever 21 pernah berurusan dengan kasus hak cipta. Terhitung ada 50 lebih tuduhan pelanggaran hak cipta.

Kasus yang terbaru adalah Arianda Grande, yang menuntut Forever 21 sejumlah uang karena telah mendandani model sama persis dengan gaya rambut dan busananya dalam video klip '7 Rings', untuk pemotretan katalog.


Fakta-fakta Forever 21, Retailer Raksasa yang Baru Mengumumkan BangkrutFoto: Istimewa

7. Forever 21 Jadi Inspirasi Nama Bayi

Seorang ibu memberi nama anaknya Tiev Forever Golding, karena ia nyaris melahirkan bayinya di salah satu toko Forever 21 di Toronto. Setelah paspor anak tersebut kedaluwarsa, dia berencana mengubah nama pertama anaknya menjadi Forever.

Simak Video "PETA Minta Forever 21 Tolak Produksi Baju Bulu Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)