Cinta Indonesia, Rinaldy Yunardi Angkat 34 Provinsi Jadi Aksesori Megah

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 22 Agu 2019 10:44 WIB
Rinaldy Yunardi (Foto: Moh. Abduh/Wolipop) Rinaldy Yunardi (Foto: Moh. Abduh/Wolipop)

Jakarta -

Eksistensi citra fashion Indonesia di panggung dunia tak lepas dari nama desainer Rinaldy Yunardi. Setelah karyanya dipakai para bintang global seperti Madonna dan Beyonce, ia menciptakan koleksi aksesori spesial untuk merayakan kekayaan budaya dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Aksesori tersebut dipersembahkan dalam sebuah peragaan bertajuk 'Aku Untukmu Indonesia' di Hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (21/8/2019) malam. Acara itu digelar dalam Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) Awards 2019 sekaligus penutup rangkaian fashion show di JFFF 2019.


Cinta Indonesia, Rinaldy Yunardi Angkat 34 Provinsi Jadi Aksesori MegahInspirasi Rumah Gadang dalam aksesori buatan Rinaldy Yunardi. (Foto: Moh. Abduh/Wolipop)

"Meski saya keturunan, saya lahir dan berkarya untuk Indonesia. Maka itu, kali ini saya ingin membuat sesuatu yang spesial untuk negeri tercinta dengan mengambil inspirasi dari 34 provinsi. Saya mengangkat apa yang sangat kental dari masing-masing daerah," ungkap Rinaldy jelang peragaan.

Peragaan tunggal ini pun menjadi yang pertama dimana budaya Indonesia menjadi ilham untuk keseluruhan koleksi. Begitu spesialnya, Rinaldy sangat mencurahkan perhatiannya pada setiap detail koleksi.


Cinta Indonesia, Rinaldy Yunardi Angkat 34 Provinsi Jadi Aksesori MegahHeadpiece yang bentuknya menyerupai Talawang, perisai khas suku Dayak. (Foto: Moh. Abduh/Wolipop)

Proses kreatif dimulai dengan melakukan riset pustaka yang hampir memakan enam bulan. "Karena ini untuk Indonesia, saya nggak mau asal-asalan cari referensi. Saya pergi ke Perpustakaan Nasional untuk mengetahui lebih dalam tentang budaya Indonesia," ungkap desainer yang sudah 23 tahun berkarya itu.

Sayangnya, lanjut Rinaldy, buku-buku tentang kebudayaan Indonesia masih terbilang minim. Mirisnya, buku yang ada kebanyakan terbitan luar negeri. "Ini membuktikan bahwa kita belum menaruh perhatian lebih pada kekayaan warisan budaya negeri sendiri," kata Rinaldy.

Di tangan dingin Rinaldy, inspirasi 34 provinsi tersebut menjadi aksesori megah dan unik dalam interpretasi yang modern dengan mengeksplor material seperti tembaga, emas dan silver.

Cinta Indonesia, Rinaldy Yunardi Angkat 34 Provinsi Jadi Aksesori MegahIbu Pertiwi (Foto: Moh. Abduh/Wolipop)

Salah satu karyanya yang mencuri perhatian adalah aksesori berbentuk Rumah Gadang, salah satu ikon khas Padang, Sumatera Barat. Rinaldy menyulap rumah gadang sebagai penghias di area bahu dalam bentuk yang dramatis seperti sayap yang bertanduk.

Lalu ada pula headpiece yang bentuknya menyerupai Talawang, perisai atau tameng khas suku Dayak. Terbuat dari tembaga, perisai tersebut dibuat seperti topeng yang tinggi dengan kerah penuh bulu-bulu yang menyembul sebagai pelengkap.

Setelah menampilkan 34 aksesori dari masing-masing provinsi, Rinaldy menutup peragaan dengan aksesori 'Ibu Pertiwi'. Dibuat dalam model topeng, aksesori keemasan ini memiliki bentuk megah seperti bulu burung merak.





Simak Video "Rinaldy Yunardy Ubah Tania Nadira Jadi Ratu Semalam"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)