'Tersesat' di Taman Busana nan Cantik Koleksi Biyan Wanaatmadja

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 24 Mei 2019 09:24 WIB
Koleksi Spring-Summer 2020 dari Biyan Wanaatmadja. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop) Koleksi Spring-Summer 2020 dari Biyan Wanaatmadja. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)

Jakarta - Jakarta baru pulih dari huru-hara ketika desainer Biyan Wanaatmadja memamerkan karya terbarunya, Kamis (23/5/2019). Di sebuah taman, Biyan mengajak para penikmat mode beranjak sejenak dari ketegangan ibukota lewat koleksi busananya yang menawan dan penuh kejutan.

Berdasarkan jadwal, fashion show seharusnya sudah dimulai saat jam menunjukkan pukul 19.00 WIB. Namun, jumlah tamu yang datang ke lokasi fashion show Biyan di Grand Ballroom Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, masih bisa dihitung jari.

'Tersesat' di Taman Busana nan Cantik Koleksi Biyan Wanaatmadja  Foto: Moh. Abduh/Wolipop
Wajar bila tamu undangan memilih mangkir demi alasan keamanan mengingat kericuhan yang terjadi di beberapa titik Jakarta sehari sebelumnya. Tapi nyatanya, kejadian tersebut bukan penghalang. Keramaian mulai terlihat jelang pukul 20.00 WIB. It was just simply fashionably late as always.

Tak sedikit dari para tamu itu adalah para klien loyal Biyan. Bisa dilihat dari busana-busana mereka yang penuh detail beading khas sang desainer yang sudah berkiprah di dunia mode selama 30 tahun itu. Bagi mereka, sungguh sayang melewatkan malam spesial desainer favorit.
Eksplorasi Baru Desainer Biyan Wanaatmadja Bagi Millennial Masa KiniFoto: Mohammad Abduh/Wolipop

Tiba saatnya pintu masuk ke area fashion show dibuka dan para tamu langsung disambut dengan sesuatu yang berbeda. Catwalk Biyan Wanaatmadja kali ini tak seperti biasanya. Area ballroom disulap menjadi sebuah taman besar lengkap dengan barisan 40-an pohon asli yang berderet rapih. The Wonder Garden, begitu Biyan mentajuki peragaan kali ini.

Begitu megahnya taman ini, sejumlah tamu merasakan momen 'lost in paradise' sejenak. Mereka terlihat tersesat lantaran kebingungan mencari kursi sesuai nomor undangan. Pun penerima tamu yang membantu. Semakin sulit lagi mengingat pencahayaan minim. Suasana catwalk memang masih dibiarkan remang sebelum peragaan mulai.

'Tersesat' di Taman Busana nan Cantik Koleksi Biyan Wanaatmadja  Foto: Moh. Abduh/Wolipop


Namun, itu terbayarkan manakala para model mulai bermunculan dalam balutan koleksi Spring-Summer 2020 dari label pertama Biyan. Sebagai awalan, mata dimanjakan dengan deretan busana dalam palet lembut yang feminin seperti krem, powder blue dan nude. Detail beading khas Biyan bersama motif bernuansa floral tentunya ikut menghiasi busana tersebut.

Motif bunga-bungaan dengan sentuhan tropis menjadi garis merah dari koleksi ini. Diungkapkan Biyan, ia terinspirasi dari beberapa taman di kota-kota Eropa yang pernah ditinggalinya saat kuliah. "Mostly, inspirasinya dari Jardin du Palais-Royal di Paris. Ada juga taman di London," kata lulusan The London College of Fashion ini.
Eksplorasi Baru Desainer Biyan Wanaatmadja Bagi Millennial Masa KiniFoto: Mohammad Abduh/Wolipop

Motif bunga sebenarnya bukan sesuatu yang baru bagi Biyan. Bila merunut ke belakang, sentuhan floral hampir selalu mewarnai rancangan desainer anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) ini. Hanya saja, pengeksekusiannya pada material, siluet dan warna yang lebih variatif membuat koleksi ini terasa lebih segar.

Di samping dress dan blus khas Biyan, muncul pilihan blazer dengan permainan kantong besar yang cenderung menggelembung. Sesekali blazer tersebut dibuat dalam cutting yang asimetris. Masih di jajaran outerwear, Biyan juga mencoba sesuatu yang baru dengan menghadirkan sebuah jas hujan berbahan transparan yang dipermanis dengan motif floral tersebut.

Koleksi ini seperti penuh 'kejutan' yang semakin memperlihatkan kepiawaian Biyan sebagai seorang desainer busana sekaligus aksesori. Berbeda dari biasanya, sarung tangan dengan statement berupa embellishment ikut mewarnai koleksi Biyan kali ini. Aksesori lain yang turut memperkuat barisan busananya antara lain statement earrings berbentuk bunga tiga dimensi, tas yang dihiasi ornamen unik dan sendal berpita besar yang menciptakan kesan playful atau jenaka.

Daya tarik lain dari koleksi ini adalah bagaimana Biyan menabrakkan warna dan motif yang bertolak belakang tanpa terkesan berlebihan agar tetap berjiwa muda. Bahkan Biyan ikut mengeksplorasi siluet longgar dan bervolume yang belakangan mewarnai tren di kalangan anak muda.

"Saya sangat senang dengan vibe dan semangat para generasi muda. Saya dengan senang hati mau mendedikasikan busana ini untuk para wanita masa kini. Kekinian itu penting dan saya ingin menjadi bagian dari sudut pandang para milenial," ujar Biyan yang berkolaborasi dengan JD.ID dan BNI dalam peragaan kali ini.
(dng/hst)