Iklannya Kontroversional, Dolce & Gabbana Diboikot Deretan Artis China

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 23 Nov 2018 14:18 WIB
Zhang Ziyi. Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Drama kontroversi iklan Dolce & Gabbana di China semakin panas. Satu lagi selebriti terkenal asal Negeri Tirai Bambu itu yang memboikot Dolce & Gabbana. Kali ini, giliran aktris Zhang Ziyi.

Meluapkan rasa kesalnya di media sosial Weibo baru-baru ini, bintang film 'Geisha' itu mengunggah foto kotoran berwarna coklat. "Kamu mengeluarkan kotoran, saya mengembalikannya ke kamu," setidaknya begitu kata-kata di gambar tersebut seperti dikutip dari Shanghaiist. Unggahan itu lantas mendapat 360 ribu likes.

Zhang Ziyi juga memastikan bahwa Dolce & Gabbana bukan produk favoritnya lagi. Seperti disebutkan dalam pernyataan resminya, aktris nomine Golden Globe Awards itu dan timnya tidak akan menggunakan produk Dolce & Gabbana lagi. Zhang yang dijadwalkan hadir di peragaan busan Dolce & Gabbana di Shanghai pun memilih mangkir.



Lagipula, fashion show tersebut terpaksa dibatalkan oleh Dinas Pariwisata setempat. Semuanya bermula dari iklan berseri yang mempromosikan peragaan bertajuk 'DG The Great Show' itu.

Iklannya Kontroversional, Dolce & Gabbana Diboikot Deretan Artis ChinaDuo desainer Domenico Dolce and Stefano Gabbana. Foto: Jamie McCarthy/Getty Images


Iklan tersebut menampilkan seorang model berwajah oriental dalam balutan gaun Dolce & Gabbana yang terlihat kewalahan saat hendak menyantap sebuah pizza berukuran besar. Ia berusaha melahap pizza tersebut dengan sepasang sumpit.

"Saya tidak tahu siapa target audiensmu, tapi sebagai warga China dan konsumen loyalmu, video ini membuat saya sangat tersinggung. Sebuah stereotipe dan sikap kurang peduli yang benar-benar keterlaluan," tulis netizen di Instagram.

Sebelum kabar pembatalan fashion show muncul, sejumlah selebriti China telah menyatakan batal hadir sebagai bentuk protes. Mereka di antaranya aktor Kun Chen, Mu Ziyang, dan Li Bingbing yang adalah brand ambassador Dolce & Gabbana.

Puluhan model yang sudah siap tampil juga sudah ditarik oleh agensinya dari fashion show itu. Editor in Chief Vogue China Angelica Cheung pun dikabarkan sudah pulang ke Beijing untuk ikut memboikot hajatan tersebut.




Iklannya Kontroversional, Dolce & Gabbana Diboikot Deretan Artis China
(dng/eny)