Adidas dan Stella McCartney Rilis Sneakers Stan Smith 'Vegan' Pertama

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 07 Sep 2018 14:22 WIB
Foto: Dok. Adidas
London - Ada yang baru dari duet Adidas dan desainer Stella McCartney. Menandai 13 tahun kolaborasi mereka, dua label fashion beda 'aliran' ini untuk pertama kalinya menghadirkan seri sneakers klasik Stan Smith berbahan kulit 'vegetarian'.

Mengklaim diri sebagai seorang vegetarian sejati dan penyayang hewan, Stella McCartney adalah satu dari segelintir desainer dunia yang sudah meninggalkan pemakaian material dari binatang, seperti bulu dan kulit, untuk koleksi pakaian dan aksesorinya.

Baca Juga: Stella McCartney dan Adidas Buat Baju Olahraga Jadi Makin Stylish

Stan Smiths Adidas x Stella McCartney.Stan Smiths Adidas x Stella McCartney. (Foto: Dok. Adidas)
Semua rancangan Stella kini dibuat dari campuran bahan organik dan fiber sintetis dengan lapisan alami tumbuhan. Selain itu, hampir 70 persen di antaranya adalah handmade.

Maka ketika diberi mandat untuk mendesain ulang Stan Smith, putri musisi legendaris Paul McCartney ini pun memilih bahan dari tumbuh-tumbuhan. "Berapa banyak hewan yang bisa diselamatkan jika Stan Smith dan Adidas berubah dari kulit asli menjadi kulit vegetarian, dan tidak lagi menggunakan lem berbasis binatang," kata Stella seperti dikutip Vogue.

Baca Juga: Model-model Cantik Olahraga di Fashion Show Stella McCartney

Adidas dan Stella McCartney Rilis Sneakers Stan Smiths 'Vegan' Pertama (Foto: Dok. Adidas)
Sneakers ini pertama kali diperkenalkan pada 1963 sebagai sepatu tenis untuk petenis asal Amerika Serikat, Stan Smith. Sampai saat ini, Stan Smith belum kehilangan peminatnya, bahkan menjadi sneakers keenam yang terpopuler di Instagram.

Di tangan dingin Stella, Stan Smith baru ini tak banyak yang berubah. Hanya saja, aksen pada bagian tumit bukan warna hijau rumput lagi melainkan navy dan burgundy. Fitur berbeda juga hadir pada lidah sepatu: sisi kirinya dihiasi foto profil stensil Stan Smith dan Stella muncul di sisi kanan.

Stella McCartney.Stella McCartney. (Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images)
"Menurut saya, ini adalah cara yang bagus untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mengajak mereka memahami bahwa tampil keren tak harus selalu dengan sepatu berbahan kulit asli," kata Stella yang digandeng Adidas sejak 2005.

Stella McCartney x Adidas Stan Smith, baik pria dan wanita, mulai hadir di toko-toko pada 10 September mendatang. Anda harus merogoh kocek sebesar US$ 325 atau sekitar Rp 5 juta untuk menebus sepasang sneakers edisi khusus ini.

(dtg/dtg)