ADVERTISEMENT

Mengenal Vera 'Kebaya' Anggraini, Desainer Langganan Selebriti dan Pejabat

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 16 Agu 2018 11:20 WIB
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop
Jakarta - Di tengah perancang mode arus utama yang desainnya berkiblat ke gaya modern, muncul segelintir nama yang fokus di ranah kebaya. Vera Anggraini lewat label Vera Kebaya adalah salah satunya. Terlepas dari kesuksesannya, desainer favorit selebriti dan pejabat ini masih kerap bergumul dengan rasa kurang percaya diri.

Setahun belakangan, nama Vera Kebaya kerap disebut-disebut hampir di setiap pernikahan tersohor masa kini. Karyanya pernah menjadi andalan selebriti sekelas Raisa hingga putri presiden Kahiyang Ayu di hari pernikahan mereka.

Kebaya pengantin rancangan Vera khas dengan garis desain yang klasik namun simpel dan modern. Gayanya sesuai dengan selera para wanita muda yang kekinian. Tak heran bila banyak calon pengantin yang ingin tubuhnya dibalut kebaya buatan Vera.

Berkarier sebagai seorang desainer sudah lama menjadi impian perempuan kelahiran Medan, Sumatera Utara, 25 Oktober 1974 ini, sejak kecil. Selepas lulu Sekolah Menengah Teknologi Kerumahtanggaan (SMK) Negeri 8 Medan, Vera melanjutkan studinya ke Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Medan jurusan tata busana.
Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

Semasa SMK, Vera dikenal sebagai murid yang berprestasi di bidang menjahit sehingga mendapatkan beasiswa penuh selama sekolah. Di bangku kuliah, Vera juga mengasah keterampilannya dengan menerima pesanan jahitan.

Baca Juga: Tantangan Vera Kebaya Buat Kebaya Pengantin Istri Bule Panji Trihatmodjo

Setelah studinya di IKIP rampung, ia memberanikan diri untuk hijrah ke Jakarta dan bergabung dalam staf kreatif di rumah mode milik almarhum desainer Nelwan Anwar. Selang dua tahun, Vera mencoba tantangan baru dengan bekerja sebagai asisten desainer senior Adjie Notonegoro.

Barulah pada 2002, Vera berkarier solo dengan mendirikan label sendiri yang dinamai Vera Kebaya. "Kenapa pilih nama Vera Kebaya, karena yang ada di pikiran cuma itu. Aku juga mau fokus di kebaya Nusantara karena masih banyak yang bisa dieksplor," ungkap Vera saat jumpa pers "Merajut Nusantara" di Raffles Jakarta, baru-baru ini.
Kebaya lamaran Raisa karya Vera Kebaya. Foto: Dok. Instagram/Vera Kebaya

Singkat cerita, bisnis kebaya Vera terus berkembang. Pendekatan Vera terhadap kebaya klasik dengan sentuhan modern mendapat tempat di hati konsumen. Terutama mereka dari kalangan anak muda yang ingin menggelar pernikahan bergaya adat. Apalagi, pernikahan tradisional semakin diminati belakangan ini.

"Kunci suksesnya adalah sabar, tekun belajar, dan terus berdoa," ungkap Vera.

Klien Vera pun datang dari berbagai kalangan, mulai dari karyawati biasa hingga selebriti dan pejabat. Selain Raisa dan Kahiyang, karyanya juga pernah dipakai oleh Raline Shah, Momo Geisha, Annisa Yudhoyono, dan baru-baru ini, Varsha Strauss, istri dari cucu mendiang Presiden Soeharto, Panji Trihatmodjo.

"Semua klien mendapat perlakuan yang sama, nggak ada yang dibeda-bedakan," ujar dia.

Baca Juga: Keindahan Ragam Kebaya dari Aceh sampai Papua di Tangan Vera Kebaya

Tahun ini, pencapaian Vera bertambah lagi. Setelah hampir 16 tahun berkarya, ia akhirnya menggelar peragaan busana tunggal pertamanya yang diberi tajuk "Merajut Nusantara". Menghadirkan 40 kebaya modifikasi dari Aceh hingga Papua, yang dilangsungkan di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (15/8/2018).
Kebaya dikenakan Kahiyang Ayu dalam pemotretan karya Vera Kebaya. Foto: Instagram

Ia pun menyebut "Merajut Nusantara" sebagai pencapaian terbesarnya saat ini. Awalnya, Vera dilanda keraguan untuk menggelar acara yang juga melibatkan musisi Djaduk Ferianto dan fotografer Darwis Triadi ini.

"Sempat kepikirian untuk membatalkan karena kurang yakin. Aku tuh orangnya kadang-kadang masih suka kurang percaya diri. Tapi berkat support suami, keluarga, serta para pendukung acara, fashion show tunggal perdanaku bisa terlaksana," kata Vera.

Selasai "Merajut Nusantara", masih banyak proyek baru menunggu Vera dalam waktu dekat. Mulai dari pameran di luar negeri hingga peluncuran buku. "Aku belum bisa kasih tahu pameran di mana. Doakan saja ya," pinta Vera.




Tonton juga 'Kebaya Jadi Favorit Pengantin Masa Kini':


(dng/hst)