Saat Desainer Indonesia Ciptakan Koleksi Bertema Black Panther

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 08 Feb 2018 07:16 WIB
Foto: Daniel Ngantung/Wolipop Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

Jakarta - Menyambut kehadiran film 'Black Panther' di Tanah Air, Disney Indonesia menggandeng enam label lokal untuk menciptakan koleksi bertema tokoh superhero dari komik Marvel tersebut.

Diungkapkan Mochtar Sarman selaku Disney Consumer Products Director untuk Disney Indonesia, kolaborasi ini melanjutkan komitmen Disney Indonesia dalam mendukung desainer Tanah Air dengan memberi wadah berkreasi.

Saat Desainer Indonesia Ciptakan Koleksi Bertema Black PantherBlack Panther (Foto: dok. Marvel Studios)

"Selain itu, ini juga merupakan cara kami untuk membangun ikatan emosional dengan para penggemar Disney, Marvel khususnya," ungkap Mochtar yang dijumpai saat fashion show koleksi tersebut di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2018).

Mochtar menambahkan, koleksi ini terasa spesial karena bertepatan dengan perayaan 10 tahun Marvel Cinematic Universe.

Adapun label yang berpartisipasi antara lain Populo, Monstore, Shop at Velvet, Canvas Living. Tidak ketinggalan dua ritel besar lokal, Matahari Department Store dan JD.ID.

Koleksi 'Black Panther' karya Monstore.Koleksi 'Black Panther' karya Monstore. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Film 'Black Panther' mengisahkan perjuangan T'Challa, sang Black Panther, menyelamatkan kerajaan Wakanda di Afrika dan dunia dari ancaman musuh. Film ini menoreh sejarah karena perdana menampilkan sosok superhero berkulit hitam sebagai bintang utamanya.

"Kami memberikan kebebasan bagi para desainer untuk menginterpretasikan konsep Black Panther sesuai karakternya masing-masing. Tidak melulu harus hitam atau bertema Afrika," ujar Mochtar.

Koleksi 'Black Panther' karya Populo.Koleksi 'Black Panther' karya Populo. Foto: Daniel Ngantung/Wolipop


Populo yang dikenal dengan batik modernnya menawarkan pilihan busana bergaya urban dengan permainan motif pegunungan khas Jawa. Menurut pendiri Populo Joseph Lim, motif batik gunungan sangat mewakili karakter T'Challa yang kuat dan pantang menyerah.

"Selain itu kami juga melakukan pendekatan yang berbeda, misal dengan teknik white on white atau black on black," ujar Joseph yang mendirikan Populo bersama Ba'i Sumarlono.

Shop at Velvet.Shop at Velvet. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Sementara itu, Shop at Velvet bermain dengan pola-pola geometris khas Afrika. Pola tersebut menjadi aksen pemanis pada jumpsuit atau gaun mini. Adapun koleksi busana urban bernuansa metalik menjadi tawaran Monstore.

Koleksi ini akan segera dirilis dalam waktu dengan jangkauan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Adapun, film 'Black Panther' mulai tayang di bioskop Tanah Air pada 14 Februari 2018.
(dtg/dtg)