7 Orang yang Sukses Jadi Model di Usia Tua

Rista Adityaputry - wolipop Minggu, 02 Apr 2017 08:09 WIB
Foto: Instagram Oldushka
Jakarta - Tak memandang usia, pekerjaan yang sudah menjadi passion pasti akan tetap dilakukan meski usia sudah menua. Seperti halnya ketujuh orang dalam dunia fashion ini, mereka tetap menjalankan karier modelnya sebagai karier yang mereka cintai. Meski ada juga yang baru saja memasuki dunia fashion di usia lanjut, mereka tetap menampilkan ketertarikan dan memberikan penampilan terbaik dalam pemotretan maupun runway. Berikut ketujuh orang yang patut dicontoh semangatnya.

1. Bo Gilbert

7 Orang yang Sukses Jadi Model di Usia TuaFoto: Istimewa


Untuk merayakan 100 tahun majalah Vogue Inggris, wanita yang telah berusia 100 tahun ini direkrut sebagai model oleh Harvey Nichols, salah satu perusahaan department store asal Inggris, saat 5 Mei tahun lalu.

Bo sendiri sebenarnya tidak memiliki pengalaman sebagai model. Ia hanyalah seorang nenek yang baru saja merayakan usia 100 tahunnya di sebuah panti jompo yang telah ia tinggali selama 26 tahun. Berita mengenai usia wanita yang sudah ke-100 ini pun diterbitkan di koran lokal 'The Evesham Journal' dan membuat agensi pengiklanan Harvey Nichols tertarik dengannya.

Dalam majalah Vogue Inggris itu, Bo tampil mengenakan atasan hitam rancangan Victoria Beckham, sepasang celana dari The Row, mantel pink neon Dries Van Noten, hingga kacamata dari Valentino. Ia dibidik oleh fotografer Phil Poynter dan terlihat bahagia. Bo, yang lahir pada Januari 1916 di tengah Perang Dunia I itu ternyata sudah lama tertarik dengan dunia fashion dan suka melihat gaya fashion yang sekarang makin beragam.

2. Daphne Selfe

7 Orang yang Sukses Jadi Model di Usia TuaFoto: Istimewa


Daphne awalnya telah menjadi model sejak usia 15 tahun. Awalnya ia hanya ingin berhasil lolos casting untuk cover girl sebuah majalah lokal London di usia 20 pada tahun 1949. Sejak saat itulah ia kemudian ditarik untuk menjadi model di beberapa media fashion, seperti untuk majalah Vogue, Harper's Bazaar, dan Vanity Fair.

Setelah tampil untuk Vogue di usia 70, Daphne kemudian masuk ke dalam agensi model Models 1. Wanita yang tinggal di Baldock, Hertfordshire, Inggris ini telah tampil pula dalam kampanye iklan Dolce and Gabbana, Ralph Lauren, Nivea, dan Olay. Keaktifan Daphne dalam dunia fashion meski usianya yang sudah lanjut membuat ia mendapat rekor dunia Guinness 2015 dengan kategori The World's Oldest Working Supermodel.

Di usianya yang telah mencapai angka 87 itu, Daphne masih terlihat cantik dan elegan. Rahasia tersebut ternyata ada pada kebiasaannya berolahraga yoga, berkebun, dan berjalan kaki. Ia juga tidak pernah tertarik untuk melakukan operasi plastik atau suntik botoks demi tampil lebih muda.

3. Baddie Winkle

7 Orang yang Sukses Jadi Model di Usia TuaFoto: Istimewa


Baddie mungkin hanyalah satu dari beberapa wanita lanjut usia yang tertarik untuk bermain media sosial masa kini. Ya, Baddie lebih dikenal dengan akun Instagramnya yang telah memiliki pengikut hampir 3 juta orang.

Meski telah berusia 87 tahun, wanita bernama asli Helen Van Winkle ini masih suka bereksperimen dengan gaya berpakaiannya. Semua itu berawal dari cucunya, Kennedy, yang mengunggah foto Baddie dengan mengenakan kaus tie dye dan cutoff shorts. Unggahan foto di Instagram itu kemudian viral dan membuat Baddie lebih dikenal dengan gaya berpakaiannya yang unik.

Kepopuleran Baddie membuat Dime Piece, merek fashion ternama asal Los Angeles, tertarik untuk merekrutnya sebagai model kampanye fashion 'State of Mind' di tahun 2015. Pakaian yang dikenakan Baddie dalam kampanye fashion ini tak kalah keren dengan pakaian kesehariannya, dari tunik transparan, oversized jersey, hingga pakaian renang seksi.

4. China Machado

7 Orang yang Sukses Jadi Model di Usia TuaFoto: Istimewa


China lebih dikenal sebagai model non-Kaukasia pertama yang tampil dalam majalah Harper's Bazaar di tahun 1959, di mana keberagaman dalam dunia fashion belum seterbuka saat ini. Memulai karier modelnya di Paris, China tampil sebagai model untuk Hubert de Givenchy dan Balenciaga yang kemudian membuatnya sukses sebagai model runway dengan bayaran tertinggi di Eropa dengan gaji US$ 1000 atau sekitar Rp 13 jutaan untuk kurs saat ini.

Sepanjang tahun ia menjalani kariernya sebagai model dan juga pernah menjadi direktur fashion majalah Harper's Bazaar. Di usia 81 tahun, wanita kelahiran Shanghai, Cina ini direkrut oleh IMG Models dan pada usia 83 ia berpose untuk kampanye fashion Cole Haan yang bertajuk 'Born in 1928'. Tawaran pekerjaan terus berdatangan semenjak ia ada di agensi IMG Models, termasuk pemotretan untuk majalah W, toserba Barneys, dan produk Ray Ban.

Sayangnya, usia China tidak bertahan lama untuk meneruskan kariernya. Ia dikabarkan meninggal di usia 86 tahun pada 18 Desember tahun lalu. Keluarga mengabarkan bahwa penyebab meninggalnya supermodel itu adalah gagal jantung.

5. Carmen Dell'Orefice

7 Orang yang Sukses Jadi Model di Usia TuaFoto: Istimewa


Carmen adalah salah satu supermodel yang telah berkarier selama 70 tahun di dunia fashion. Wanita berusia 85 tahun ini mengawali karier modelnya di usia 15 tahun dengan berpose dalam cover majalah Vogue tahun 1946, bahkan mulai mendapatkan kesuksesan di tahun 50-an dengan honor US$ 300 atau hampir 4 juta rupiah per jamnya.

Meski kesuksesan telah didapatnya, Carmen pensiun dini di tahun 1958 karena pernikahannya dengan fotografer Richard Heimann. 20 tahun kemudian Carmen kembali memasuki dunia fashion dengan menjadi model untuk lini produk Isaac Mizrahi, Cho Cheng, hingga Rolex. Sejak saat itulah ia kembali aktif dan telah tampil dalam berbagai iklan dan majalah fashion, bahkan berjalan di beberapa runway hingga saat ini.

Penampilan terbarunya di tahun 2017 adalah sebagai penutup dalam runway milik desainer asal Cina, Guo Pei, di Paris Fashion Week 2017 dengan mengenakan gaun haute couture warna merah yang sangat mewah dan mencuri atensi para pemerhati fashion.

6. Wang Deshun

7 Orang yang Sukses Jadi Model di Usia TuaFoto: Istimewa


Pria berusia 80 tahun ini lebih dikenal sebagai aktor asal China yang pernah membintangi film '20 Once Again' hingga 'The Forbidden Kingdom'. Ia pun mengawali debutnya sebagai model dengan berjalan di runway saat China Fashion Week 2015. Saat itu ia tampil bertelanjang dada untuk menampilkan koleksi Autumn/Winter 2015 milik desainer Sheguang Hu.

Fisik pria yang telah memiliki satu cucu ini tidak terlihat 'menua'. Kepada New York Times Wang mengatakan rahasianya, yaitu rajin membaca buku dan berita, tetap berolahraga, dan tidak meminum banyak alkohol. Ia bahkan mulai berolahraga di gym saat berusia 60 tahun. Karena fisiknya tersebut, Wang mulai dikenal dengan julukan 'China's hottest grandpa' oleh masyarakat Cina dan dunia.

7. Veruschka von Lehndorff

7 Orang yang Sukses Jadi Model di Usia TuaFoto: Istimewa


Veruschka menjadi supermodel sekaligus aktris terkenal di tahun 1960-an. Mengawali kariernya di usia 20, wanita asal Kaliningrad, Rusia ini ditemukan oleh fotografer Ugo Mulas dan mulai berperan sebagai cameo dalam film 'Blowup' di tahun 1966. Meski sebagai cameo, peran itulah yang membuatnya terkenal dan mulai dilirik oleh berbagai majalah fashion, seperti Vogue, di mana ia telah tampil sebagai cover di empat negara yang berbeda (Vogue Amerika, Italia, Inggris, dan Prancis).

Wanita yang kini berusia 77 tahun ini pernah bekerja dengan Salvador Dali dan di puncak kejayaannya, ia bahkan mampu mendapatkan US$ 10 ribu per hari atau hampir 133 juta rupiah (dengan kurs saat ini). Sempat berhenti di tahun 1975, Veruschka kembali berjalan di runway untuk Melbourne Fashion Festival di tahun 2000 dan untuk desainer Giles Deacon di London Fashion Week 2010 saat berusia 71 tahun. (eny/eny)